Target PAD Bapenda Pekanbaru Tahun Ini Naik Rp50 Miliar

Selasa, 24 Januari 2023 - 20:06:10 WIB Cetak

Kepala Bapenda Pekanbaru Alek Kurniawan

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, di 2023 ini menaikan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat sebesar Rp50 miliar dari tahun 2022 senilai Rp742 miliar.

Dengan kenaikan puluhan miliar tersebut, maka PAD dari sektor pajak yang harus dikumpulkan Bapenda pada tahun ini mencapai Rp792 miliar.

"Untuk itu kami terus mengoptimalkan potensi pajak, sehingga target Rp792 miliar dapat terealisasi," ucap Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, Selasa (24/1/2023).

Disampaikannya, hingga kini ada potensi pajak yang memang belum tergarap secara maksimal yakni pajak sarang burung walet.

"Kami akan melakukan pendataan usaha burung walet dengan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan)," ungkapnya.

Selain menggali potensi, lanjut Alek, pihaknya sesuai arahan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun juga masih tetap memberikan stimulus untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Stimulus ini bertujuan memotivasi wajib pajak agar menunaikan kewajibannya secara tepat waktu.

Besaran stimulus yang akan diberikan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya yang mana untuk nilai PBB Rp100 ribu ke bawah diberikan diskon 100 persen atau gratis.

Sementara PBB Rp100 ribu hingga Rp500 ribu diberi diskon 50 persen dan PBB Rp500 ribu sampai Rp2 juta dapat diskon 25 persen.

"Kemudian kami juga memberikan diskon 50 persen untuk peningkatan status tanah alas hak atau Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM)," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+