Pasar Sail Pekanbaru akan Diserahkan Kembali ke Swasta

Rabu, 08 Februari 2023 - 22:18:00 WIB Cetak

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, akan menyerahkan kembali pengelolaan Pasar Sail di Jalan Hangtuah ujung ke pihak ketiga atau swasta.

Saat ini, pengelolaan pasar tersebut masih diambil alih Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat pasca berakhirnya kontrak kerjasama dengan PT Riau Kerta Raharja pada September 2022 lalu.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, rencana penyerahan pengelolaan Pasar Sail ke swasta itu telah sesuai hasil kajian yang dilakukan pihaknya.

"Kita sepertinya mengambil opsi kerjasama. Artinya, kalau kita kelola sendiri perlu renovasi, agar pasar nyaman, pedagang dan pengunjung nyaman. Sementara sekarang pedagang tinggal setengah dari kapasitas," ucapnya, Rabu (8/2/2023).

Dengan diserahkan kembali ke swasta, pria yang akrab disapa Ami itu berharap pengelolaan Pasar Sail bisa lebih baik ke depannya.

"Harapan kita dengan kerjasama lebih maksimal pengelolaan dan pasar lebih bagus pengelolaan. Sehingga jual beli di pasar juga lebih baik," ujar dia.

Untuk itu, lanjut Ami, pemerintah kota segera melakukan pelelangan pengelolaan pasar tradisional tersebut melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP).  Saat ini, proses pelelangan masih menunggu penyelesaian sejumlah administrasi sesuai rekomendasi dari Inspektorat Pekanbaru.

"Jadi belum dilelang, karena masih ada beberapa rekomendasi Inspektorat yang harus diselesaikan dengan pengelola lama. Kemarin ada catatan Inspektorat, itu harus ditindaklanjuti dulu oleh pengelola lama," ungkapnya.

Karena itu, ia mengaku belum bisa menaksir berapa nilai Pasar Sail tersebut jika dilelangkan. "Nilai lelang belum ditaksir, masih jauh prosesnya," tutup Ami.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+