Tenayan Raya Raih Juara Umum MTQ Pekanbaru ke-55

Senin, 20 Februari 2023 - 13:19:32 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menyerahkan piala bergilir walikota kepada Camat Tenayan Taya Abdul Barri.

Betuah Pekanbaru - Kafilah Kecamatan Tenayan Raya, berhasil meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-55 tingkat Kota Pekanbaru tahun 2023.

Pada ajang tahunan ini, kafilah Tenayan Raya bersaing ketat dengan kafilah Kecamatan Marpoyan Damai. Meski poin sama, namun Tenayan Raya lebih unggul dari jumlah periah juara satu di tiap cabang perlombaan.

Pelaksanaan MTQ ke-55 tersebut ditutup secara resmi oleh Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, bertempat di Masjid Paripurna Rhaudatus Shalihin di Kecamatan Kulim, Minggu (19/2/2023) malam.

Di kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi kepada para kafilah yang telah berupaya memberikan penampilan terbaik di setiap cabang yang diperlombakan. Apalagi, ada di antara peserta yang baru berusia 9 tahun sudah hafal 30 juz Alquran.

"Luar biasa. Ini sejarah bagi Kota Pekanbaru bahkan nasional. Ini membuktikan Pekanbaru menghasilan bibit unggul di ajang MTQ," ucapnya.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan memberikan reward kepada anak bersangkutan. Begitu juga bagi peraih juara satu di tiap cabang MTQ tingkat kota dan provinsi, mereka bakal diundi untuk diberangkatkan umrah yakni satu orang putra dan satu orang putri. 

"Saya harap ada hadiah umrah juga dari masyarakat seperti yang diberikan oleh Nurlia (Ketua Umum Ikatan Keluarga Indragiri Hilir/mantan anggota DPR RI) kepada Tilawah Dewasa Putra Hamdani Rasyidi. Sehingga, qari dan qariah semakin termotivasi," tutupnya.

Sementara itu Ketua Dewan Hakim MTQ ke-55 Pekanbaru Idrus menyampaikan jika para pemenang telah ditetapkan pada 17 Februari kemarin. Nantinya, kata dia, qari dan qariah terbaik satu akan menjadi utusan Pekanbaru di MTQ ke-41 tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Ada beberapa cabang yang tidak memiliki juara satu karena target nilai tak tercapai. Ada cabang Tahfiz putri, Tafsir Bahasa Arab putra, Tafsir Bahasa Arab putri untuk peringkat satu hingga tiga. Tafsir Bahasa Indonesia Putri, Tafsir Bahasa Inggris putra dan putri

"Dewan hakim telah menetapkan juara umum MTQ ke-55 diraih oleh Kecamatan Tenayan Raya dengan jumlah juara satu 8 orang. Sedangkan Marpoyan Damai, juara satu hanya 6 orang. Walaupun kedua kecamatan memiliki jumlah poin sama yakni 54, tapi jumlah juara satunya berbeda," jelas Idrus.

Di lain hal, pihak panitia juga mengumumkan juara Pawai Taaruf dan Bazar UMKM terbaik. Penyelenggara MTQ kecamatan diraih Kecamatan Bukit Raya. Pawai Taaruf terbaik diraih Kecamatan Rumbai Barat. Bazar UMKM terbaik diraih Kecamatan Bukit Raya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+