Stok Beras di Pekanbaru Cukup Hingga Beberapa Bulan ke Depan

Selasa, 21 Februari 2023 - 15:22:37 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, saat meninjau stok beras di gudang Bulog Jalan Jenderal Sudirman.

Betuah Pekanbaru - Ketersediaan bahan pokok seperti beras di Kota Pekanbaru, dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan warga hingga beberapa bulan ke depan.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, usai melakukan peninjauan ke gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) di Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (21/2/2023) siang.

Dikatakannya, peninjauan tersebut merupakan tindak lanjut adanya informasi tentang kenaikan harga beras. Dari hasil pengecekan, stok beras yang ada di Bulog cukup hingga akhir lebaran Idul Fitri 1444 H.

"Bulog memiliki medium. Kualitas beras medium tidak kalah dengan beras premium. Beras medium juga putih dan wangi," ujarnya.

Untuk itu guna mengantisipasi lonjakan harga beras khususnya jelang Ramadhan nanti, warga diharapkan tidak ketergantungan dengan beras premium.

"Karena menjelang puasa dan lebaran, pasti ada peningkatan harga dari masing-masing harga bahan sembako. Ini kami coba antisipasi. Kalaupun ada kenaikan, tak terlalu jauh," ucapnya.

Sementara itu Kepala Bulog Divre Riau-Kepri Basirun mengatakan, stok beras yang ada di gudang sebanyak 818 ton. Kemudian ada lagi beras yang sedang dalam perjalanan dari Dumai sebanyak 1.600 ton.

"Kapal yang mengangkut cadangan beras sudah sandar di pelabuhan Dumai sebanyak 4.600 ton. Jadi, stok beras ini cukup hingga bulan April. Semuanya beras Thailand dengan patahan (broken) 5 persen," ungkap dia.

Begitu juga dengan stok gula untuk Bulan Ramadan sebanyak 177 ton, minyak goreng premium 285.000 liter, tepung terigu 13.600 kilogram, serta daging kerbau 20.000 kilogram.

"Penyaluran stok bahan pokok ini bekerja sama dengan pemerintah daerah. Jadi, kami tidak langsung menjual ke pasar umum. Tetapi, stok bahan pokok untuk kegiatan pasar murah, operasi pasar, dan lain sebagainya," tutup Basirun.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+