Raja Hendra Saputra Jabat Kepala Dinas Kominfotiksan Pekanbaru

Selasa, 21 Februari 2023 - 21:48:42 WIB Cetak

Raja Hendra Saputra saat serah terima jabatan Kepala Diskominfotiksan dengan Tri Sepna Saputra.

Betuah Pekanbaru - Usai menjalani serah terima jabatan, Selasa (21/2/2023) siang, Raja Hendra Saputra resmi menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Pekanbaru.

"(Langkah awal menjalankan tugas) kami akan coba inventarisir terkait peluang, tantangan dan hambatan di Kominfo kota," ucapnya kepada wartawan.

Inventarisir sendiri dilakukan untuk meningkatkan peran Diskominfotiksan khususnya di dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Hal itu bertujuan agar masyarakat lebih mudah  mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.

"Tentunya ini sesuai arahan bapak Pj walikota terkait dengan semangat. Untuk pejabat yang baru dilantik, itu harus bisa menghasilkan inovasi-inovasi dalam rangka percepatan pembangunan dan pemberian pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya.

"Sesuai dengan bidang tugas kami, Kominfo, tentunya kami akan mencoba bagaimana bisa memberikan kemudahan informasi kepada masyarakat dan juga stakeholder-stakeholder yang membutuhkan informasi," ulasnya.

Menurut Hendra, untuk mempermudah akses informasi tersebut ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti melakukan penataan terhadap Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru supaya mampu menyanyikan data dan informasi yang memang layak dikonsumsi masyarakat.

"Sehingga kebuntuhan-kebuntuhan informasi yang dirasakan masyarakat terkait apa saja yang dilakukan Pemko Pekanbaru di dalam pembangunan, ke depannya bisa diperbaiki. Jadi itu yang akan coba kita benahi," ujarnya.

Kemudian, kata dia, Diskominfotiksan juga harus memanfaatkan kemajuan teknologi dalam percepatan penyampaian informasi kepada masyarakat.

"Karena sekarang kita sudah bergerak di revolusi industri 4.0, bahkan sudah ke 5.0. Untuk itu, kita akan mencoba bagaimana kanal-kanal pemerintah dalam menyampaikan informasi bisa memanfaatkan plafon digital," paparnya.

"Sebab, kita tidak bisa terleps bagaimana fungsi media sosial dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat," sambung Hendra lagi.

Disebutkannya, saat ini selain melalui media mainstream, sebagian besar masyarakat juga memilih mengakses informasi di media sosial. Oleh sebab itu, segala lini mesti dibenahi sehingga perkembangan teknologi bisa memudahkan masyarakat di dalam mendapatkan informasi.

"Untuk itu, kita akan melibatkan seluruh OPD agar lebih terbuka memberikan informasi kepada masyarakat khususnya tentang pelayanan-pelayanan maupun program pembangunan yang akan dilakukan," pungkasnya.

Seperti diketuhui, Raja Hendra Saputra yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Informasi Komunikasi dan Publik (IKP) Diskominfotik Riau ini, dipercaya oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Diskominfotiksan Pekanbaru.

Ia dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, bersamaan dengan belasan pejabat eselon II dan III lainnya, pada Senin (20/2/2023) siang.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+