Petang Megang di Pinggiran Sungai Siak Pekanbaru Digelar Besok

Selasa, 21 Maret 2023 - 16:06:26 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Petang Megang atau Petang Balimau menyambut Ramadhan 1444 H/2023 M di Kota Pekanbaru, sesuai jadwal akan digelar di area Rumah Singgah Tuan Kadi di pinggiran Sungai Siak, Kecamatan Senapelan, Rabu (22/3/2023).

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, akan ada berbagai kegiatan yang akan digelar pada kegiatan Petang Megang nanti.

"Kegiatan diawali dengan pawai dari rumah dinas Walikota Pekanbaru di Jalan Ahmad Yani, lalu melakukan ziarah ke makam pendiri Kota Pekanbaru Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau yang lebih dikenal dengan nama Marhum Pekan," ungkapnya, Selasa (21/3/2023).

Usai ziarah, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersama Forkopimda dan pejabat di lingkup pemerintah kota akan melaksanakan Shalat Ashar berjamaah di Masjid Raya Senapelan.

"Setelah Shalat Ashar, bapak Pj walikota bersama rombongan langsung menuju ke lokasi Petang Megang di area Rumah Singgah Tuan Kadi di pinggiran Sungai Siak," ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra menyampaikan jika pihaknya masih terus mematangkan berbagai persiapan jelang pelaksanaan Petang Megang.

Diperkirakan, kata dia, bakal ada ribuan warga yang akan memadati lokasi Petang Megang. Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak salah satunya Satpol Air Polda Riau guna memberikan pengamanan di dalam sungai.

"Meski sudah ada petugas yang disiagakan dalam Petang Balimau, namun warga tetap kita himbau untuk menjaga keselamatannya," ujar Yayan, sapaan akrabnya.

Seperti diketahui, Petang Megang atau Petang Balimau yang sudah menjadi tradisi di Kota Pekanbaru sehari sebelum pelaksanaan ibadah puasa sejak beberapa tahun terakhir ditiadakan karena terdampak pandemi Covid-19.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+