Pemko Pekanbaru Koordinasi dengan Pusat Terkait Pengungsi Rohingya

Senin, 27 Maret 2023 - 22:19:40 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, saat mengikuti rapat Forkopimda yang membahas wacana pemindahan pengungsi Rohingya.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, masih terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat terkait relokasi pengungsi Rohingya dari Aceh dan Sumatera Utara  (Sumut) ke Ibukota Provinsi Riau.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, wacana pemindahan pengungsi Rohingya ke Kota Bertuah itu menjadi salah satu bahasan dalam rapat Forkopimda yang digelar di Mapolresta setempat, Senin (27/3/2023).

"Kita akan berdiskusi kembali dengan Pemerintah Pusat. Kita akan membahas terkait teknis pemindahan para pengungsi," ucapnya.

Secara teknis, kata dia, Pemko Pekanbaru sudah siap untuk menampung para pengungsi Rohingya tersebut.

"Saat ini persiapan tetap dilakukan dengan menyiapkan akomodasi bagi para pengungsi selama berada di Pekanbaru. Kita harapkan pemindahan pengungsi nantinya tidak menimbulkan permasalahan sosial di tengah masyarakat," ujarnya.

Untuk itu, terang Indra, pemerintah kota dan Forkopimda akan menggelar rapat lanjutan dengan UNHCR dan IOM selaku organisasi yang membidangi pengungsi asal luar negeri.

Pembahasan terus dilakukan seiring telah adanya surat dari Menkopolhukam RI terkait pemindahan pengungsi Rohingya ke Pekanbaru dan Medan.

Indra menyatakan jika rencana pemindahan para pengungsi mendapat beragam tanggapan dari sejumlah pihak. Kebanyakan tanggapannya perihal dampak pemindahan para pengungsi Rohingya ke Kota Pekanbaru.

"Jadi kita semua bakal bekerjasama untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat menimbulkan dampak sosial di tengah-tengah masyarakat," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+