Ditemukan di Kampar, Pj Walikota Pekanbaru Minta OPD Teknis Waspadi Flu Burung

Senin, 27 Maret 2023 - 22:51:22 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis untuk mengambil langkah antisipasi guna mewaspadai flu burung yang kasusnya ditemukan di Kabupaten Kampar.

"OPD terkait harus melakukan pendataan, serta mencari sebab musababnya apa. Selain itu juga melakukan koordinasi dengan dinas yang lebih tinggi. Intinya, bagaimana untuk mencegah dan meminimalisir masuknya wabah itu ke Pekanbaru," ucapnya, Senin (27/3/2023).

Menurut Muflihun, langkah antisipasi sangat diperlukan mengingat Kampar sendiri merupakan kabupaten tetangga yang langsung berbatasan dengan Kota Pekanbaru.

"Kalau di Kampar itu sudah ada kena flu burung, tentu kita lebih waspada ya," ujarnya.

Di samping itu, lanjut dia, OPD teknis juga harus meningkatkan sosialisasi ke masyarakat khususnya para peternak sehingga paham apa yang mesti dilakukan guna pencegahan dan penanganan ketika ditemukan kasus.

"Karena ini baru (ditemukan kasus di Kampar), saya rasa masyarakat juga mungkin belum sepenuhnya tahu apa sih penyakit (flu burung) ini," terang dia.

"Makanya kita minta OPD untuk mensosialisasikan juga kita minta kepada media untuk bisa menyampaikan supaya masyarakat lebih berhati-hati terhadap penyakit flu burung ini," tutupnya menambahkan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau Herman melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan Faralinda Sari mengungkapkan, ratusan ayam ditemukan mati mendadak di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.

"Ayam mendadak mati di Desa Koto Masjid, XIII Koto Kampar itu positif flu burung/avian influenza (H5N1)," kata dia.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+