Cuaca Ekstrem, Ini Anjuran Diskes Pekanbaru Agar Warga Terhindar dari Penyakit

Jumat, 28 April 2023 - 16:15:53 WIB Cetak

Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Cuaca ekstrem dengan suhu panas menyengat dan tiba-tiba turun hujan yang saat ini tengah melanda Ibukota Provinsi Riau, bisa berdampak terhadap kesehatan warga.

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menganjurkan warga agar melakukan beberapa hal supaya terhindar dari berbagai macam penyakit seperti batuk pilek, ISPA ataupun alergi.

"Yang pertama, kami menyarankan kepada warga agar mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, cukup kalori, protein, karbohidrat, lemak dan bervitamin," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Jumat (28/4/2023).

"Kemudian, warga juga harus mengurangi mengkonsumsi makanan yang manis-manis, berminyak, bersantan, berlemak, terutama untuk warga yang sudah berusia 50 tahun ke atas karena pencernaannya kan sudah terbatas," ulas dokter Bob, sapaan akrabnya.

Di samping mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, warga juga dianjurkan banyak mengkonsumsi air putih.

"Minimalnya, tubuh kita membutuhkan air putih itu dua liter per hari," ungkapnya.

Mengingat saat ini masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 1444 H, lanjut Zaini, warga harus menghindari mengkonsumsi minuman seperti sirup dan minuman kaleng.

"Itu minuman kaleng tidak baik untuk kesehatan. Semua minuman dalam kemasan, itu tidak sehat. Karena kalau kita lihat isinya, itu banyak mengandung gula dan natrium. Natrium ini kan untuk meningkatkan garam, hipertensi dan sebagainya," terang dia.

"Jadi yang cocok kita konsumsi saat ini, itu air putih yang tidak dalam kemasan. Air yang dimasak," sambung Zaini.

Selain mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan air putih, warga juga dianjurkan aktif melakukan aktivasi fisik seperti berolahraga.

"Misalnya berjalan kaki. Jalan kaki ini, satu hari minimal 6 ribu langkah. Sementara sekarangkan kebanyakan masyarakat malas melaksanakan aktivitas fisik. Masyarakat cenderung maunya duduk saja. Akhirnya apa, timbul lah penumpukan kalori di dalam tubuh. Timbul lah kencing manis dan darah tinggi. Karena itu tadi, tidak ada aktivitas fisik," paparnya.

"Oleh karena itu agar kesehatan tubuh terjaga, maka konsumsilah makanan bergizi seimbang, banyak minum air putih dan olahraga ini. Mudah-mudahan kita bisa terhindar dari dampak cuaca ekstrem," harapnya menambahkan.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+