Masih Bergantung di APBD, Pemko Pekanbaru akan Lelang Jabatan Direktur PT SPP

Rabu, 24 Mei 2023 - 23:15:04 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, dalam waktu dekat bakal melakukan lelang terbuka untuk jabatan Direktur PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP).

Pasalnya, dari evaluasi yang dilakukan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut belum mampu memberikan kontribusi akan tetapi masih bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemerintah kota.

"Saya memang dengan asisten II dan sekda lagi mengevaluasi BUMD di Kota Pekanbaru. Insyaallah, Oktober ini habis, PT SPP ini akan kita buat open bidding (penawaran terbuka atau lelang)," kata Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Rabu (24/5/2023).

Ia menyampaikan, seleksi yang akan dilakukan nanti terbuka untuk umum sehingga diharapkan mampu mendapatkan pimpinan perusahaan yang profesional dan bisa memberikan kontribusi untuk Pemko Pekanbaru.

"Ketika dia dibuka untuk umum, dia duduk, dari mana pun dia, itu kita terima, dengan catatan dia bisa menjadikan BUMD ini sebagai penopang APBD Kota Pekanbaru. Bukan lagi SPP ini menyusu di APBD, tapi bisa memberikan kontribusi untuk Pemko Pekanbaru," tegasnya.

"Ini (PT SPP) sampai sekarang kami melihat dengan pak sekda kemarin belum ada kontribusi untuk APBD Kota Pekanbaru. Jadi ini kita evaluasi terus agar lebih baik," ulas Muflihun.

Terkait evaluasi hingga bakal dilakukan seleksi untuk jabatan Direktur PT SPP, ia menyatakan tidak ada intervensi dari pihak manapun. Akan tetapi, apa yang dilakukan bertujuan agar PT SPP bisa berkontribusi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Tidak ada intervensi siapa-siapa, tapi ingin bagaimana ini profesional. BUMD ini ada untuk berkontribusi bagi APBD Pekanbaru," pungkasnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+