Sempat Ditolak PLN, Kios Pedagang di Pasar Cik Puan Segera Dialiri Listrik

Rabu, 31 Mei 2023 - 22:46:36 WIB Cetak

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Betuah Pekanbaru - Ratusan kios yang dibangun Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sebagai Tempat Penampungan Sementara (TPS) bagi pedagang korban kebakaran Pasar Cik Puan, dalam waktu dekat segera dialiri listrik PLN.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin menyebutkan, saat ini sudah ada lima tiang beton untuk jaringan listrik yang didirikan pihak PLN di lokasi Pasar Cik Puan.

"Jadi sejak senin sore sudah dipasang seluruh tiang itu," ungkapnya, Rabu (31/5/2023).

Dari informasi yang diterima, kata Ami, sapaan akrabnya, kini pihak PLN tengah mencari vendor untuk pemasangan kabel listrik di tiang beton tersebut.

"Setelah kabel dipasang, baru bisa dipasang Kwh meter untuk kios," ujarnya.

Untuk administrasi pemasangan Kwh di seluruh kios, Ami memastikan sudah tidak ada persoalan. Karena itu, ia berharap seluruh kios secepat dialiri listrik sehingga bisa ditempati pedagang.

"Karena memang para pedagang sudah menanti pemasangan meteran listrik di kios sementara. Mereka sudah menunggu selama dua bulan ini sehingga ingin meteran segera terpasang," tutupnya.

Seperti diketahui, sebelumnya pihak PLN Rayon Pekanbaru Kota Barat sempat menolak memasang meteran baru di kios TPS di Pasar Cik Puan Jalan Tuanku Tambusai/Nangka. Penolakan itu disampaikan pihak PLN melalui surat yang diterima Dinas Disperindag Kota Pekanbaru.

Ada tiga poin dalam surat PLN tersebut. Pertama, Pasar Cik Puan merupakan pasar tradisional Pekanbaru yang sudah berlistrik sebelumnya.

Kedua, Pasar Cik Puan masih memiliki tagihan piutang yang belum diselesaikan, dan ketiga sejatinya PLN ULP Kota Barat menerima permohonan pasang baru tersebut jika adanya perjanjian penyelesaian piutang pelanggan.

Dalam surat dimaksud, PLN Rayon Pekanbaru Kota Barat turut melampirkan nama para pedagang yang berjumlah sebanyak 121 orang dengan besaran tunggakan mencapai Rp109.340.375.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+