Pj Walikota Pekanbaru Harapkan Polisi RW Bisa Bantu Tingkatkan Pelayanan

Rabu, 14 Juni 2023 - 21:22:04 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, memasangkan rompi Polisi RW pada peresmian program Polisi RW yang dilangsungkan di halaman kantor Gubernur Riau, Rabu (14/6/2023).

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, berharap keberadaan Polisi RW bisa membantu pemerintah kota setempat dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Ini tentu di samping tugas mereka menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat," kata Muflihun, usai menghadiri peresmian program Polisi RW yang digelar di halaman kantor Gubernur Riau, Rabu (14/6/2023).

Untuk itu, ia berharap dengan hadirnya Polisi RW bisa bekerjasama dengan ketua RW setempat dalam menjalankan tugas.

"Sehingga Polisi RW ini bisa memberikan keringanan terhadap tugas ketua RW," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, lebih dari 4.000 Polisi RW yang sudah didorong agar turun ke 12.000 RW di Provinsi Riau. Khusus di Kota Pekanbaru, ada 768 Polisi RW.

"Polisi RW ini berasal dari personel Polresta Pekanbaru sekitar 500 orang. Sisanya merupakan personel Polda Riau. Polisi RW ini berbasis tempat tinggal (tinggal di lingkungan masyarakat)," ungkapnya.

Sesuai perintah Baharkam Polri, terang Iqbal, Polisi RW yang ada di kabupaten/kota minimal 30 persen dari jumlah RW. Di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) belum mencapai 30 persen. 

"Memang ada satu kabupaten yang wilayahnya butuh sangat banyak yakni Inhil. Tingkat kesulitan geografisnya membutuhkan polisi RW yang sangat banyak," ujarnya.

Seperti diketahui, program Polisi RW lahir dari implementasi kegiatan Pemolisian Masyarakat (Polmas). Masyarakat digandeng menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing.

Awalnya, Polisi RW diluncurkan sebagai kebijakan pimpinan Polri di Jakarta. Polisi RW dinilai berhasil menanggulangi permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sehingga akan diterapkan di seluruh kabupaten/kota.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+