Cuaca Panas Menyengat, Pj Walikota Pekanbaru: Jangan Bakar Lahan

Senin, 19 Juni 2023 - 16:21:34 WIB Cetak

Petugas BPBD Pekanbaru melakukan pendinginan di lokasi kebakaran lahan di Kecamatan Payung Sekaki, Senin (19/6/2023).

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, terus mengingatkan warga di Ibukota Provinsi Riau agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Hal itu ia sampaikan mengingat saat ini suhu cuaca panas menyengat yang dikhawatirkan akan memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Saat ini panasnya luar biasa. Apalagi dalam seminggu terakhir ini (suhu cuaca) sampai 39 derajat celcius. Saya minta pada masyarakat tolong lebih waspada, para pekebun jangan bakar lahan," pesan dia, Senin (19/6/2023).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kata Muflihun, total lahan yang terbakar sepanjang 2023 sudah mencapai 11 hektar.

"Kemarin di Payung Sekaki (ada kebakaran) lahan satu hektar, sudah berhasil dipadamkan," ungkapnya.

Menurut dia, potensi kebakaran lahan mesti mendapat perhatian semua pihak terutama di daerah pinggiran dengan struktur lahan gambut. Sebab, kebakaran di lahan gambut sangat sulit penanganannya.

"Saat petugas sudah memadamkan api di atas permukaan, bisa jadi di bawah masih terbakar. Oleh karena itu bagi masyarakat yang tinggal di dekat lahan terbuka agar tidak membakar lahan sembarangan," ucapnya.

"Saya sudah diskusi dengan bapak Kapolresta (Pekanbaru), rapat juga dengan Forkopimda. Jangan lagi membakar-bakar lahan, Pekanbaru kan identik dengan gambut," ulas Muflihun.

Untuk antisipasi dini karhutla, ia mengaku sudah memerintahkan OPD teknis bersama seluruh camat agar meningkatkan pengawasan di lapangan.

"Kepada camat dan lurah di wilayah kerja masing-masing untuk bisa melakukan pengawasan dan mengingatkan kepada masyarakat (agar tidak membakar lahan)," tutup Muflihun.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+