Disdukcapil Pekanbaru Kerjasama dengan Grab Antar Langsung KTP ke Rumah Warga

Senin, 19 Juni 2023 - 22:31:37 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, saat melaunching kerjasama pengantaran KTP dan KIA yang dijalin Disdukcapil dengan Grab.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, mulai menjalin kerjasama dengan Grab untuk pengantaran langsung Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) ke rumah warga.

Kerjasama yang terjalin merupakan satu dari tiga inovasi Disdukcapil yang dilaunching secara langsung oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Senin (19/6/2023).

"Tujuan dari inovasi ini adalah untuk mempermudah layanan kepada masyarakat soal kependudukan," ucapnya, usai kegiatan.

Dikatakan Muflihun, untuk inovasi pertama kerjasama pengantaran e-KTP dan KIA dengan pihak grab diberi nama Anterin Dong (Andong).

"Ini salah satu yang menjadi perhatian, bagaimana masyarakat tidak lagi terbuang waktunya untuk antri baik secara online ataupun manual ke kantor Disdukcapil Kota Pekanbaru," ujar dia.

"Jadi, masyarakat hanya mengeluarkan ongkos kirim saja. Kalau untuk pengurusan KTP nya tetap gratis," ulasnya.

Kemudian inovasi kedua yakni kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat dalam penerbitan kartu keluarga dan e-KTP bagi pasangan yang baru menikah melalui seluruh kantor urusan agama (KUA) Se-Kota Pekanbaru.

"Hanya dengan sekali permohonan akan diterbitkan buku nikah, kartu keluarga baru dan ktp elektronik berstatus kawin. Hal ini jelas akan berdampak sangat baik terhadap validasi data kependudukan Kota Pekanbaru. Sehingga perencanaan pembangunan dapat tepat sasaran baik di bidang pemerintahan, maupun kemasyarakatan," tegas dia.

Sementara inovasi yang ketiga adalah kerjasama peningkatan kepemilikan dokumen kependudukan bagi masyarakat dengan Tim Penggerak PKK Kota Pekanbaru.

"Tim penggerak PKK yang merupakan mitra pemerintah dalam menunjang program pembangunan dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga hadir sangat dekat di tengah-tengah masyarakat dengan 10 program pokok PKK nya," terang Muflihun.

Dengan adanya inovasi tersebut, ia berharap ke depannya warga memiliki dokumen kependudukan yang lengkap agar mereka dapat menjadi peserta program-program pemerintah dan juga dapat diterima dalam pelayanan publik lainnya.

"Sekali saya ucapkan kepada semua pihak baik Grab, Kemenag dan juga TP PKK atas kerjasama yang baik ini," pungkasnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+