Berobat Hanya dengan KTP Gagal jadi Kado HUT ke-239 Pekanbaru

Kamis, 22 Juni 2023 - 20:30:29 WIB Cetak

Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Program Universal Health Coverage (UHC) atau berobat hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), gagal dijadikan sebagai kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-239 Pekanbaru, 23 Juni 2023.

Sebab, hingga H-1 Hari Jadi Pekanbaru, proses pendaftaran warga sebagai pemanfaat program UHC tak kunjung tuntas.

"Sepertinya di bulan depan (Juli) baru terealisasi, karena untuk pendaftaran itu perlu proses," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (22/6/2023).

Ia menyampaikan, untuk menjalankan program UHC minimal 95 persen dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Untuk mencapai wajib itu 95 persen yang masuk UHC, masih ada sekitar 68 ribu lagi warga yang harus didaftarkan," ungkap dia.

Selain belum tuntasnya proses pendaftaran, terang Zaini, hingga kini juga masih banyak warga peserta BPJS mandiri yang menunggak iuran.

"Di ketentuannya kalau kurang 75 persen masyarakat yang aktif atau lebih dari 25 persen non aktif, bisa memang mendapat UHC tapi masuk kategori cut off atau bisa-bisa langsung aktif," ucapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Zaini, hingga kini kebutuhan anggaran untuk program UHC juga belum tersedia. Dari kebutuhan sekitar Rp20 miliar, masih terdapat kekurangan sebanyak Rp12 miliar.

"Ini kita menunggu sampai (APBD) perubahan. Makanya kita lakukan pergeseram dan Sekda selaku ketua TAPD juga sudah setuju. Sehingga  tidak terlalu lama dana ada dan masyarakat bisa berobat cukup dengan menggunakan KTP saja," tutupnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun menginginkan agar program Universal Health Coverage atau UHC bisa menjadi kado dan dilaunching pada Hari Jadi ke-239 Pekanbaru.

Ia mengaku, keinginan itu telah disampaikan secara langsung kepada Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution dan Kepala Dinas Kesehatan Zaini Rizaldy Saragih.

"Sehingga masyarakat bisa berobat gratis dengan KTP saja," ucapnya, Selasa (23/5/2023).

UHC sendiri merupakan cakupan kepesertaan Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta JKN.

Dalam program ini, nantinya warga bisa mendapat pelayanan kesehatan di seluruh rumah sakit dan fasilitas kesehatan hanya dengan membawa KTP.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+