Ziarah ke Makam Marhum Pekan, Muflihun Ajak Warga Doakan Pendiri Pekanbaru

Kamis, 22 Juni 2023 - 23:30:18 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dan istri Raja Rilla Mustafa, menaburkan bunga di makam pendiri Pekanbaru Marhum Pekan.

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, menggelar ziarah ke makam Marhum Pekan di komplek Masjid Raya Senapelan di Kecamatan Senapelan, Kamis (22/6/2023) sore.

Ziarah ke makam pendiri Pekanbaru Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Marhum Pekan, merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Jadi ke-239 Pekanbaru tahun 2023.

Dalam ziarah tersebut, Muflihun turut didampingi Ketua TP PKK Raja Rilla Mustafa, Forkopimda, serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Di makam Marhum Pekan, Muflihun dan rombongan mendengarkan senarai tentang para raja yang dimakamkan di komplek Makam Marhum Pekan. Seperti diketahui, Marhum Pekan sendiri merupakan Sultan ke-V Kerajaan Siak Sri Inderapura.

Di komplek pemakaman itu juga terdapat makam Syaid Syarif Usman Syahabuddin (Marhum Barat), makam Tengku Embong Badari'ah (Istri Syaid Usman), makam Sultana Khadijah (istri Marhum Bukit), makam Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Bukit), serta makam Tengku Pangeran Kesuma Dilaga (cucu Sultan Alamuddin Syah).

Setelah mendengarkan senarai tentang para raja, kegiatan dilanjutkan dengan mendoakan arwah para raja Kerajaan Siak Sri Indrapura, dan menaburkan bunga ke makam para raja.

Usai prosesi ziarah, Muflihun mengatakan jika ziarah ke Makam Marhum Pekan merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-239 Pekanbaru. Dari senarai ringkasan, 23 Juni ditetapkan sebagai hari lahirnya Pekanbaru.

"Jadi, ziarah ini untuk mendoakan para pendiri Pekanbaru. Mari kita sama-sama berdoa agar arwah pendiri Pekanbaru bisa diterima di sisi Allah SWT," ucapnya.

Ziarah yang dilakukan, lanjut dia, juga untuk melihat kembali sejarah Pekanbaru. Makanya, para pejabat Pemko Pekanbaru harus bersungguh-sungguh membesarkan Kota Pekanbaru. "Ziarah ini rutin dilakukan setiap tahun," tutupnya.

Usai ziarah, Muflihun dan rombongan melaksanakan Shalat Ashar berjemaah di Masjid Raya Senapelan dan melakukan tabligh akbar dalam rangka HUT ke-239 Pekanbaru.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+