Gerakan Pangan Murah Pemko Pekanbaru Diserbu Ribuan Warga

Senin, 26 Juni 2023 - 17:30:05 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersama Ketua TP PKK Raja Rilla Mustafa, Sekdako Indra Pomi Nasution dan Kepala Disketapang El Syabrina saat meninjau GPM yang menjual berbagai komoditas dengan harga terjangkau.

Betuah Pekanbaru - Gerakan Pangan Murah (GPM) yang ditaja Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di halaman gedung PMI Jalan Cut Nyak Dien, Senin (26/6/2023) pagi, diserbu ribuan warga.

Kegiatan yang digelar secara nasional guna membantu memenuhi kebutuhan pangan warga dengan harga terjangkau ini dibuka oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun.

"Jadi melalui kegiatan ini, masyarakat bisa mendapat bahan pangan dengan harga yang lebih murah," ucap Muflihun, usai kegiatan.

Ia menyampaikan, GPM tersebut terselenggara juga karena adanya dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, Muflihun berharap kegiatan serupa bisa digelar secara rutin.

Agar GPM betul-betul dirasakan manfaatkannya oleh warga, Dinas Ketapang Pekanbaru selaku OPD teknis diminta melakukan pengawasan. Ia menegaskan tak ingin upaya pemerintah guna membantu meringankan beban warga malah disalahgunakan oleh pihak tertentu.

"Jangan sampai malah ada yang menimbun nanti. Jadi kita harapkan masyarakat pun bijak berbelanja di pasar murah," ujarnya.

Sementara itu Kepala Disketapang Pekanbaru El Syabrina menyebutkan, ada beberapa komoditas pangan yang disediakan dalam GPM. Mulai dari beras, gula, minyak goreng, ayam dan bebek beku, nugget, serta telur.

Komoditi yang dijual seluruhanya disubsidi sehingga bisa dibeli warga dengan harga terjangkau.

''Jadi subsidinya itu bukan kita memangkas harga. Tapi dalam kegiatan ini kita dibantu oleh Bank Indonesia. Nah, bantuan itu yang kita alokasikan untuk memberi subdisi harga," ucap dia.

Seperti telur, terang Kak El, sapaan akrabnya, untuk harga pasarnya berkisar Rp55.000 per papan. Namun di GPM, warga bisa mendapatkan dengan harga Rp45.000 per papannya.

Begitu juga dengan beras jenis SPHP karung 5 kilogram, biasanya harga yang dipasarkan Rp55.000. Namun, dalam iven itu dijual seharga Rp40.000, atau ada subsidi sebesar Rp15.000.

Juga untuk minyak goreng dan gula, di GPM hanya dijual seharga Rp12.000 per kemasan 1 kilogram. Lantaran harga jual yang sangat murah, warga berbondong-bondong berbelanja di kegiatan GPM tersebut.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+