Antisipasi Rabies, Distankan Pekanbaru Suntik Vaksin Ribuan Hewan Peliharaan per Tahun

Selasa, 27 Juni 2023 - 15:58:46 WIB Cetak

Kepala Distankan Pekanbaru Muhammad Firdaus

Betuah Pekanbaru - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, per tahunnya menyuntik vaksin sekitar 9 ribu hewan peliharaan warga seperti kucing, anjing dan kera guna mengantisipasi virus rabies.

"Jadi untuk antisipasi rabies, kita rutin melakukan vaksinasi rabies setiap tahun. Ada sekitar 9 ribu ekor yang kita vaksin per tahunnya," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru Muhammad Firdaus, Selasa (27/6/2023).

Ia menyampaikan, ribuan ekor hewan peliharaan yang disuntik vaksin rabies itu tersebar di 15 kecamatan di Kota Pekanbaru.

"Dari awal tahun, itu kita sudah mulai menurunkan tim untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan. Karena setiap tahun harus dilakukan vaksin terhadap hewan yang sama," ucap dia.

Di samping melakukan vaksinasi, terang Firdaus, pihaknya juga terus menghimbau warga agar tidak membiarkan hewan peliharaannya berkeliaran.

"Intinya kalau memiliki hewan peliharaan harus dipelihara dengan baik dan ditempatkan di dalam kandang. Jangan sampai dibiarkan berkeliaran," pesannya.

Sementara itu terkait temuan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Riau yang mendapati ada tiga hewan peliharaan di Pekanbaru yang positif rabies, Firdaus mengaku pihaknya belum mendapatkan laporan.

"Kita belum ada terima laporan, karena biasanya memang dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu di laboratorium Riau. Setelah ada hasil, itu baru disampaikan ke kita. Tapi sampai sekarang belum ada kita terima laporan," pungkasnya.

Seperti diketahui, DPKH Riau merilis ada 25 orang di Riau yang digigit hewan yang terinfeksi rabies pada periode Januari-Mei 2023.

Kemudian, DPKH Riau juga menemukan ada 12 kasus hewan positif rabies sejak Januari-Mei 2023. Rinciannya 3 kasus di Indragiri Hilir, Pelalawan 1, Siak 4, Bengkalis 1, serta di Kota Pekanbaru 3 kasus.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+