Digigit Hewan Penular Rabies, Kadiskes Pekanbaru: Kenali Gejala dan Penanganannya

Selasa, 27 Juni 2023 - 15:58:02 WIB Cetak

Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Kasus hewan peliharaan yang positif rabies hingga banyaknya warga yang terjangkit rabies, kini tengah menjadi topik pembahasan di berbagai daerah di tanah air.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, meminta warga agar mengenali gejala dan cara penanganan jika digigit hewan penular rabies.

"Rabies ini ditularkan dari gigitan hewan penyebab rabies seperti kucing, anjing dan kera. Cuma perlu diingat juga, tidak semua gigitan hewan peliharaan itu pasti rabies," ucapnya, Selasa (27/6/2023).

Untuk hewan peliharaan yang positif rabies, kata dokter Bob, sapaan akrabnya, itu dapat dilihat dari perilaku hewan bersangkutan.

"Ciri-cirinya itu suka menyendiri, takut sama cahaya dan juga takut sama air," ucapnya.

Sementara untuk warga yang terjangkit rabies, terang dia, gejalanya bisa terlihat dari hari pertama gigitan sampai 14 hari pasca digigit hewan penular rabies.

"Kalau manusia yang tertular rabies, gejalanya juga takut sama air, gelisa, juga ada yang disertai demam," paparnya.

Mengingat belum adanya obat khusus rabies, lanjut Zaini, maka ada beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan warga apabila digigit hewan penular rabies.

"Pertama, segera dicuci dengan sabun pada bekas gigitan tersebut. Setelah itu, langsung mendatangi puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat untuk diberikan penanganan dan diobati. Kalau dinilai perlu, baru diberikan vaksin anti rabies," ujarnya.

Untuk vaksin sendiri, disampaikan Zaini bisa didapatkan warga secara gratis di seluruh puskesmas di Kota Pekanbaru.

"Vaksin ini untuk mencegah saja. Karena kalau sudah terkena rabies, itu belum ada obat khususnya. Jadi kalau terindikasi terjangkit rabies, baru diberikan vaksin anti rabies," tutupnya.

Seperti diketahui, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Riau merilis ada 25 orang di Riau yang digigit hewan yang terinfeksi rabies pada periode Januari-Mei 2023.

Kemudian, DPKH Riau juga menemukan ada 12 kasus hewan positif rabies sejak Januari-Mei 2023. Rinciannya 3 kasus di Indragiri Hilir, Pelalawan 1, Siak 4, Bengkalis 1, serta di Kota Pekanbaru 3 kasus.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+