Disdik Pekanbaru Ingatkan Sekolah tak Wajibkan Peserta Didik Baru Beli Seragam

Senin, 17 Juli 2023 - 23:49:47 WIB Cetak

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal

Betuah Pekanbaru - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, mengingatkan ke sekolah negeri tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) agar tidak mewajibkan peserta didik baru untuk membeli seragam di awal sekolah.

"Yang masih punya segaram lama, silahkan pakai itu. Yang sudah membeli sendiri tidak apa-apa. Atau masih pakai sementara ini seragam TK di SD dan pakai seragam SD di SMP, ya silahkan. Yang terpenting belajar dengan tenang dan nyaman dulu," ujar Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Senin (17/7/2023).

Kemudian, kata dia, orangtua peserta didik juga tidak ada kewajiban untuk membeli seragam melalui koperasi sekolah.

"Silahkan beli seragam sendiri. Sekali lagi saya tegaskan, tidak ada kewajiban beli seragamnya harus di sekolah," tegas Jamal.

"Saat ini, sekolah juga tidak ada yang mewajibkan orangtua untuk membeli seragam di sekolah. Karena memang tidak ada aturannya seperti itu," ulas dia.

Lantaran tidak ada aturan, lanjut Jamal, maka pihaknya tidak akan mengeluarkan surat edaran untuk mengatur tentang seragam sekolah. Karena menurutnya memang tidak ada regulasinya, orangtua siswa diberikan kebebasan untuk membeli seragam sendiri di luar sekolah.

"Kami tidak buat aturan itu, tidak ada regulasinya. Kemarin kami juga sudah bertemu dengan Saber Pungli Riau, ya saya katakan tidak ada kewajiban beli seragam di sekolah, bebas orangtua beli di luar dan menjahit sendiri seragamnya," pungkasnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+