Berobat Gratis Hanya dengan KTP di Pekanbaru Dilauncing Akhir Juli Ini

Selasa, 25 Juli 2023 - 20:26:54 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun saat rapat final program UHC bersama Sekdako Indra Pomi Nasution dan OPD teknis, Senin (24/7/2023) sore.

Betuah Pekanbaru - Program Universal Health Coverage (UHC) atau berobat gratis hanya dengan menunjukan KTP di fasiltas kesehatan, sesuai jadwal akan dilaunching Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di akhir Juli ini.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, program UHC yang kemudian diberi nama Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah tersebut akan dilaunching secara langsung oleh Pj Walikota Muflihun.

"Tempatnya di RSD Madani Pekanbaru di Jalan Garuda Sakti. Jadwalnya, kita sudah sepakat tanggal 28 Juli," ungkapnya, Selasa (25/7/2023).

Ia menyampaikan, peserta program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah sendiri terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai swasta, peserta BPJS Kesehatan mandiri, serta warga kurang mampu yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

"Jadi itu yang kita dukung (sebagai penerima program)," ucapnya.

Nantinya, lanjut Indra, peserta program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah bisa mengakses berbagai fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Bahkan, jaminan kesehatan ini juga bisa diakses di rumah sakit di luar Kota Pekanbaru.

"Dimanapun masyarakat Pekanbaru, kita berusaha mengcover dengan program ini. Misalnya lagi di Padang, lagi sakit, tiba-tiba masuk rumah sakit, nah ini dikoordinasikan oleh tim supaya bisa difasilitasi juga oleh BPJS," tutupnya.

UHC merupakan cakupan kepesertaan Program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan untuk memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta JKN.

Dalam program ini, nantinya warga bisa mendapat pelayanan kesehatan di seluruh rumah sakit dan fasilitas kesehatan hanya dengan membawa atau menunjukan KTP.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+