Revitalisasi Dimulai, Pj Walikota Pekanbaru Minta Kontraktor Bekerja Maksimal Bangun Pasar Palapa

Rabu, 26 Juli 2023 - 20:41:21 WIB Cetak

Plh Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kemendag RI Muhammad Anwar Achmad bersama Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dan Forkopimda, menyaksikan pemancangan tiang pertama revitalisasi Pasar Palapa.

Betuah Pekanbaru - Revitalisasi atau pembangunan ulang Pasar Palapa di Jalan Durian Pekanbaru dengan anggaran pembangunan sebesar Rp2,791 miliar yang bersumber dari APBN, dimulai.

Revitasliasi ditandai dengan pemancangan tiang pertama yang disaksikan secara langsung oleh Plh Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI Muhammad Anwar Achmad dan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Rabu (26/7/2023) siang.

Kemudian hadir juga pada kesempatan itu staf khusus Kemendag Irvan Herman Abdullah, Forkopimda, Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Asisten II Ingot Ahmad Hutasuhut, sejumlah pimpinan OPD, serta pedagang Pasar Palapa.

Usai kegiatan, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun meyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat yang telah mengalokasikan anggaran revitalisasi Pasar Palapa melalui Kementerian Perdagangan.

"Kita apresiasi Kemendag yang telah bersedia memberikan APBN untuk revitalisasi Pasar Palapa," ucapnya.

Ke depannya, kata Muflihun, Pemko Pekanbaru berharap bantuan serupa bisa kembali dialokasikan mengingat masih banyak pasar tradisional di Ibukota Provinsi Riau yang perlu dilakukan penataan dan pembangunan ulang.

"Untuk itu kita minta kepada pemenang tender agar bisa melaksanakan pembangunan dengan sebaik-baiknya. Sehingga ini bisa menjadi acuan, jadi contoh ke depannya. Karena kalau ini berhasil, tentu kita akan lebih banyak dibantu oleh pusat," ujarnya.

Sementara itu, Plh Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kemendag RI Muhammad Anwar Achmad juga menyampaikan apresiasi atas gerak cepat Pemko Pekanbaru dalam mewujudkan revitalisasi Pasar Palapa.

Ia menyebutkan, di 2023 ini ada beberapa daerah di Tanah Air yang juga mendapatkan alokasi dana untuk pembangunan dan revitalisasi pasar. Khusus di Riau, bantuan diterima oleh Kota Pekanbaru dan Kabupaten Rokan Hulu.

"Alhamdulillah, Kota Pekanbaru termasuk yang cepat melakukan progres pembangunannya. Masih ada beberapa daerah di Indonesia yang sampai saat ini baru proses penandatanganan kontrak," ungkap dia.

Untuk itu, Anwar Achmad berharap revitalisasi Pasar Palapa bisa terlaksana sesuai yang diharapkan. Dengan demikian, keberadaan pasar rakyat ke depannya terus menjadi pusat perekonomian dan perdagangan.

"Kita harapkan pasar rakyat ini dapat memberikan peran yang besar untuk kemajuan perekonomian di suatu wilayah," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+