Puluhan Personel Gakkum DLHK Pekanbaru Awasi Pembuangan Sampah

Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:55:28 WIB Cetak

Kepala DLHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi

Betuah Pekanbaru - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, mengerahkan sebanyak 79 personel penegakan hukum (gakkum) untuk mengawasi aktivitas pembuangan sampah.

Kepala DLHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi menyebutkan, puluhan personel gakkum itu ditempatkan di lokasi rawan pembuangan sampah oleh angkutan sampah mandiri di 15 kecamatan.

"Gakkum ini bertugas melakukan penjagaan di titik TPS yang berpotensi menjadi titik buang angkutan mandiri," ujarnya, Kamis (24/8/2023).

Jika ditemukan pelanggaran, kata dia, gakkum diberi kewenangan untuk menindak dan memberikan sanksi sesuai aturan berlaku.

"Jadi mereka memberikan sanksi kepada warga buang sampah ke TPS ilegal dan buang sampah di luar jam yang telah ditentukan," ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Hendra, pihaknya terus menghimbau agar angkutan sampah mandiri tidak membuang sampah di TPS. Tetapi mereka mesti membuang langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Muara Fajar.

"Karena saat ini kita sudah membuat kebijakan, terhadap angkutan mandiri diwajibkan mengutip sampah dari lingkungan masyarakat dan langsung membuang ke TPA," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+