Diberi Surat Kuasa Khusus, Kejari Pekanbaru Berhasil Tagih Piutang Pajak Rp3,5 Miliar

Rabu, 06 September 2023 - 19:45:01 WIB Cetak

Kepala Bapenda Pekanbaru Alek Kurniawan dan Kepala Kejari Pekanbaru Asep Sontani Sunarya.

Betuah Pekanbaru - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, berhasil menagih piutang pajak daerah senilai Rp3,5 miliar dan langsung disetorkan ke kas daerah Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru Alek Kurniawan, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Kejari Asep Sontani Sunarya dan jajaran yang telah membantu pihaknya menagih piutang pajak miliaran rupiah tersebut.

"Dukungan dari bapak Kepala Kejari Pekanbaru dan tim kepada kami sangatlah luar biasa. Dari Surat Kuasa Khusus yang telah diserahkan Bapenda, Kejari berhasil menagihkan piutang pajak daerah dan telah masuk ke kas daerah senilai hampir Rp3,5 miliar," ungkapnya, Rabu (6/9/2023).

Dikatakan Alek, bantuan yang diberikan Kejari merupakan tindaklanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Bapenda Pekanbaru bersama Kejaksaan Negeri Pekanbaru tentang penegakan hukum di bidang perpajakan daerah.

Yang mana dalam kerjasama tersebut, Bapenda Pekanbaru diberikan bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayanan hukum dan tindakan hukum lainnya dalam bidang pajak daerah, perdata dan Tata Usaha Negara oleh Kejari Pekanbaru.

Dengan adanya pendampingan hukum secara berkelanjutan dari pihak Kejari, lanjut Alek, maka akan berkorelasi positif dengan peningkatan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

"Prinsipnya, kami berharap jangan sampai wajib pajak menunggu proses penagihan, namun dapat secara aktif memenuhi kewajiban perpajakannya," ujar dia.

Untuk itu, ia berharap kerja sama yang terjalin mampu menjadi ultimatum bagi pelaku usaha agar tidak lagi melalaikan kewajiban perpajakannya apalagi menunggak pajak.

"Kalaupun masih ada, agar segera dibayarkan. Kalau tidak diindahkan akan berhadapan dengan pihak berwenang untuk dilakukan tindakan hukum lebih lanjut," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+