Ratusan UMKM di Pekanbaru Dapat Subsidi Bunga Pinjaman Bank 9 Persen

Selasa, 12 September 2023 - 21:45:39 WIB Cetak

Kepala Diskop dan UMKM Pekanbaru Sarbaini

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 128 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pekanbaru, kini sudah mendapatkan subsidi bunga pinjaman bank sebesar 9 persen dari pemerintah kota setempat.

Subsidi bunga pinjaman bank sendiri merupakan salah satu program prioritas Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun yang bertujuan membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Dalam program ini, pelaku UMKM di Ibukota Provinsi Riau bisa mendapatkan pinjaman paling banyak Rp15 juta dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Nantinya dari bunga normal 12 persen, pelaku UMKM hanya dikenakan bunga 3 persen.

"Jadi, sampai sekarang sudah ada 128 UMKM yang mendapatkan subsidi bunga pinjaman bank," ungkap Kepala Diskop dan UMKM Kota Pekanbaru Sarbaini, Selasa (12/9/2023).

Secara keseluruhan, kata dia, sebenarnya sudah ada sekitar 500 lebih pelaku UMKM yang mengajukan permohonan sebagai penerima subsidi bunga pinjaman bank. Namun, sebagian besar di antaranya terkendala berbagai hal seperti BI Checking atau layanan informasi untuk mengetahui riwayat atau jejak skor kredit atau pinjaman debitur.

"BI Checking ini kan sistemnya online. Ketika pelaku UMKM sudah meminjam di bank lain, tentu pihak BPR tidak bersedia mengucurkan dana," ucapnya.

Kemudian, lanjut Sarbaini, juga ada pelaku UMKM tak bisa mendapatkan subsidi bunga pinjaman bank lantaran tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pekanbaru.

"KTP nya luar Pekanbaru, itu tidak bisa mendapatkan subsidi bunga pinjaman bank. Lalu yang tinggal di rumah kontrakan, permohonannya juga tidak bisa dikabulkan. Jadi, ini Kendala prinsip namanya," tutup pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kabag Kesra Setdako Pekanbaru ini.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+