Warga dan Pelaku Usaha di Pekanbaru Diminta Bangun Tong Sampah

Rabu, 20 September 2023 - 23:40:00 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekabaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, meminta warga dan pelaku usaha di wilayah setempat untuk membangun atau menyediakan tong sampah masing-masing.

Dengan demikian, ke depannya sampah yang diproduksi setiap hari bisa dibuang di tong sampah yang disediakan. Hal itu pun akan memudahkan petugas dalam mengangkut sampah untuk dibuang ke TPA.

"Karena dalam mengelola sampah ini, yang penting kita perhatikan itu infrastruktunya, tong sampah. Jadi setiap rumah, ruko, itu harus memiliki tong sampah, karena itu menjadi kewajiban orang yang memproduksi sampah. Tapi kenyataannya gak ada kan?," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Rabu (20/9/2023).

Untuk itu, ia meminta kepada para camat dan lurah dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas supaya mengedukasi warga agar menyediakan tong sampah di rumah masing-masing.

"Jadi kita himbau camat, lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas, supaya mendorong warga membuat tong sampah di depan rumahnya," ujar Indra.

Di samping itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) juga didorong membangun Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah di berbagai titik.

"Kami yakin jika infrastuktur ini sudah ada, nanti sampah yan dibuang jam 9 dan besok baru diangkut, itu tidak ada masalah. Yang jadi masalah sekarang, sampah ditarok di pohon, simpang-simpang jalan, itu yang membuat kota ini terlihat tidak bersih," tegas Indra.

"Nah, saya kira edukasi ini penting kita tingkatkan. Supaya program yang kita susun bisa berjalan dengan baik," tutupnya menambahkan.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+