Diselimuti Kabut Asap, Ini Tiga Himbauan Pj Walikota Pekanbaru

Rabu, 04 Oktober 2023 - 23:26:02 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) semakin pekat menyelimuti Kota Pekanbaru. Menyikapi itu, pemerintah kota setempat langsung menerbitkan surat edaran.

Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun menyebutkan, penerbitan SE dilakukan lantaran saat ini kualitas udara di Ibukota Provinsi Riau sudah berada di level tidak sehat bagi kesehatan warga.

"Untuk itu perlu upaya bersama menjaga kesehatan masyarakat," ujarnya, Rabu (4/10/2023).

Ia menyampaikan, ada tiga poin dalam SE bernomor 37/SE/2023 tentang Antisipasi Kualitas Udara di Kota Pekanbaru itu. Pertama, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Kedua, menjaga pola hidup sehat dengan minum air putih lebih banyak dari biasanya, serta meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan nutrisi yang cukup.

Ketiga, jika kabut asap semakin pekat dan  kualitas udara berbahaya bagi kesehatan masyarakat, pemerintah akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan.

"Salah satunya meliburkan sekolah. Ini sudah saya sampaikan ke Dinas Pendidikan apabila kondisi terus memburuk, kita akan liburkan sekolah," tutupnya.

Seperti diketahui, Kota Pekanbaru sejak beberapa hari terakhir mulai diselimuti kabut asap dampak kebakaran lahan di kabupaten tetangga.

Berdasarkan data yang dirilis BMKG di laman bmkg.go.id, pada Rabu (4/10/2023) konsentrasi partikulat (PM2.5) di Pekanbaru menunjukkan angka 57.40 ugram/m3. Angka tersebut menunjukkan kualitas tidak sehat atau berada di level kuning.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+