Pj Walikota Pekanbaru Pastikan Belum Ada Bawahannya yang Maju di Pileg

Selasa, 24 Oktober 2023 - 20:24:48 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, kembali memastikan hingga kini belum ada Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup pemerintah kota setempat yang maju pada pemilihan legislatif (pileg) 2024.

"Sampai saat ini untuk ASN dan THL yang maju caleg (calon legislatif) memang belum ada kita dapat laporan," ucapnya, Selasa (24/10/2023).

Sesuai aturan berlaku, kata dia, bagi ASN dan THL yang berminat menjadi peserta pileg tahun 2024, mereka wajib mundur dari jabatannya.

"Jadi memang kalau mau maju, ya harus mundur. Ajukan suratnya, jangan sampai jadi konflik," tegas dia.

"Karena kan itu mereka digaji negara. Jangan sampai mereka maju tapi gak mundur dan tetap mendapatkan gaji dan fasilitas negara. Makanya kita ingatkan bagi yang mau maju caleg, kita minta mereka mundur," ulas Muflihun.

Terpisah, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Fabillah Sandy menyatakan sejauh ini memang belum ada ASN dan THL yang menjadi caleg.

"Sampai sekarang belum ada laporan ke kita," ungkapnya.

Khusus bagi THL, terang Obet, sapaan akrabnya, mereka mesti membuat surat pengunduran diri ke kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tempat ia bekerja jika maju sebagai caleg.

"Jika ada THL di bawah OPD nya yang ingin ikut pileg harus melaporkan dan membuat surat pengunduran diri, baru dikirim ke BKPSDM untuk diproses," tutupnya.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) di sejumlah daerah mendapati adanya ASN yang maju sebagai caleg. Namun, mereka tidak mengajukan surat pengunduran diri sebagai aparatur negara.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+