Dulu Fungsinya tak Efektif, Disperindag Pekanbaru Kembali Minta Satgas

Rabu, 01 November 2023 - 17:34:21 WIB Cetak

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Betuah Pekanbaru - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, kembali meminta personel satuan tugas (satgas) di 2024 mendatang.

Sebelumnya, instansi tersebut sudah memiliki sebanyak 80 personel satgas. Namun di 2021 lalu, seluruhnya dipindah tugaskan ke Satpol PP karena fungsinya di Disperindag dinilai tak efektif.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin menyebutkan, permintaan personel satgas di 2024 itu sudah diajukan ke Pj walikota setempat dalam bentuk telaah staf.

Ia menyampaikan jika permintaan itu sudah mendapat persetujuan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, dan telah diteruskan ke Sekdako Indra Pomi Nasution guna dibahas bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

"Nantinya itu akan dibahas di TAPD dulu," ucapnya, Rabu (1/11/2023).

Dikatakan Zulhelmi, personel satgas yang nantinya tergabung dalam Satgas Perdagangan dan Perindustrian itu dibutuhkan untuk melakukan pengawasan di berbagai bidang yang ditangani Disperindag.

"Jadi tugasnya bukan hanya mengawasi pasar saja. Nanti bisa masalah gas elpiji, bisa juga soal gudang, termasuk nanti juga soal barang kedaluwarsa. Jadi nanti banyak itu kerjanya," ujar Ami, sapaan akrabnya.

Ia menyebutkan, saat ini ada dua opsi yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan personel satgas. Pertama, 80 personel satgas yang kini sudah menjadi personel Satpol PP dikembalikan lagi ke Disperindag.

Sementara opsi kedua, Disperindag kembali melakukan perekrutan ulang sesuai kebutuhan dan kesanggupan anggaran Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

"Sekarang kita masih belum tahu (opsi mana yang akan dipakai), kita tunggu informasi dari ketua TAPD, arahannya apa. Kalau rekrut baru, ya kita akan buka pengumuman," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+