Belasan Ribu LHE Jalan Lingkungan di Pekanbaru Habis Masa Pakai

Kamis, 02 November 2023 - 14:29:17 WIB Cetak

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 19 ribu Lampu Hemat Energi (LHE) yang dipasang di jalan-jalan lingkungan di Kota Pekanbaru sejak 2019 lalu, kini sudah habis masa pakainya.

"Karena masa pakai LHE ini hanya berkisar 3 tahun. Dulu kita pasang (tahun) 2019, otomatis di 2022 sudah habis (masa pakainya)," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso, Kamis (2/11/2023).

"Jadi kalau sekarang banyak (lampu lingkungan) yang tidak hidup, itu karena masa pakainya (LHE) memang sudah habis," ulasnya.

Untuk itu, sebut Yuliarso, di APBD 2024 pihaknya kembali mengajukan pengadaan sekitar 10 ribu LHE. Sebab, di APBD 2023 pengadaan sesuai kebutuhan belum bisa dilakukan karena keterbatasan anggaran.

"Sejak 2022 kita sudah sampaikan ke walikota dan DPRD bahwa di 2023 ini lampu kita pasti banyak yang mati, karena masa pakainya habis. Kalau ada yang masih hidup, itu bonus, karena usia normalnya hanya 3 tahun," ujar dia.

Disampaikan Yuliarso, saat ini dari 19 ribu LHE yang dipasang tahun 2019, baru sebagian kecil di antaranya yang sudah diganti.

"Untuk itu, kita harus menyiapkan 10 ribu lebih. Karena dari 19 ribu, itu baru beberapa yang diganti. Makanya kita ulang lagi (ajukan pengadaan baru) dan tahun besok (2024) sudah harus diganti," terang dia.

"LHE ini kita butuhkan untuk menekan tagihan listrik lampu penerangan jalan umum. Sejauh ini, tagihan listrik kita sudah turun signifikan," sambung Yuliarso.

Di samping itu, lanjut dia, pihaknya juga terus melakukan peremajaan terhadap LPJU LED atau hemat energi dan tenaga surya.

"Yang sudah terganti ke LED smart sekitar 3 ribu. Kemudian (tenaga) surya dan meterisasi sekitar 6 ribu. Untuk LED, surya dan meteran, kalau ada yang mati, itu hanya gangguan jaringan," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+