Bisa Cetak KTP Elektronik di AI, Kepala Disdukcapil Pekanbaru: Itu Palsu

Rabu, 29 November 2023 - 14:53:35 WIB Cetak

Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita

Betuah Pekanbaru - Pencetakan atau penerbitan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) melalui Artificial Intelligence atau AI, kini viral di media sisoal Faceebook.

Yang mana dalam unggahan salah satu pengguna Facebook disebutkan bahwa admin akun bersangkutan bisa membantu cetak KTP asli dengan bahan blangko, dan tersedia juga chip dan hologram.

Bahkan, dalam unggahan itu dijelaskan bahwa KTP AI juga sudah bisa di scan melalui NFC. Namun bagi yang menggunakan jasanya, akan dikenakan biaya Rp150 ribu dengan sistem Cash On Delivery (COD).

Menyikapi hal itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Pekanbaru Irma Novrita menyatakan jika pencetakan e-KTP elektronik di AI merupakan informasi palsu.

"KTP hanya bisa dicetak oleh Disdukcapil. Kalau ada orang lain yang ngakunya bisa mencetak KTP, saya pastikan itu palsu," tegas Irma, Rabu (29/11/2023).

Untuk itu, ia menghimbau agar warga mewaspadai berbagai modus penipuan khususnya yang berkaitan dengan layanan administrasi kependudukan (adminduk).

Khusus di Disdukcapil Kota Pekanbaru, lanjut Irman, layanan pengurusan adminduk secara online hanya bisa diakses warga melalui laman disdukcapil.pekanbaru.go.id.

"Jadi, layanan Dukcapil Kota Pekanbaru dapat dilihat di web resmi Dukcapil Pekanbaru, yaitu disdukcapil.pekanbaru.go.id. Di luar itu, itu palsu. Hati-hati penipuan," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+