Kerap Diguyur Hujan, Pantauan BPBD Pekanbaru tak Ada Banjir di Pemukiman

Rabu, 06 Desember 2023 - 20:22:03 WIB Cetak

Sejumlah kendaraan melintasi genangan banjir pasca hujan.

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, menyatakan tak ada pemukiman warga di wilayah setempat yang direndam banjir pada Rabu (6/12/2023).

Hal itu sesuai hasil pemantauan yang dilakukan tim BPBD Pekanbaru pasca diguyur hujan dengan intensitas sedang dari Rabu dinihari sekitar pukul 04.30 hingga pukul 10.00 WIB.

"Informasinya belum ada (pemukiman yang direndam banjir). Kita juga sudah minta laporan dari grup (WhatsApp) camat, juga tidak ada," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Rabu siang.

Begitu juga dengan kawasan rawan banjir seperti di sepanjang aliran Sungai Sail, BPBD memastikan tak ada rumah warga yang direndam banjir.

"Yang rawan di sepanjang Sungai Sail, Alhamdulillah tidak ada yang tergenang seperti biasa," ujar Zarman.

Namun demikian, ia tetap menghimbau warga agar waspada mengingat saat ini Kota Bertuah mulai memasuki musim hujan yang rawan terjadinya banjir.

"Apalagi beberapa hari ke depan di Riau khususnya di Pekanbaru, itu prakiraannya akan diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat," ucapnya.

Sementara itu terkait penetapan status siaga bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, maupun angin kencang, Zarman menyampaikan jika pihaknya masih melihat perkembangan cuaca.

"Kita lihat dulu beberapa hari ke depan, kalau kondisi atau situasinya mengharuskan, baru kita tetapkan," tutupnya.

Seperti diketahui, Kota Pekanbaru sejak beberapa pekan terakhir kerap diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Biasanya pasca hujan, banjir merendam pemukiman warga di sejumlah titik.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+