BPBD Pekanbaru Cabut Status Siaga Bencana Darurat Hidrometeorologi

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:22:48 WIB Cetak

Sejumlah pengendara menerobos genangan banjir yang merendam Jalan Sigunggung, Kecamatan Payung Sekaki pada 13 Januari 2023.

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, hari ini akan mencabut status Siaga Bencana Darurat Hidrometeorologi yang telah ditetapkan sejak 10 November 2022 lalu.

"Karena sesuai Surat Keputusan Walikota Pekanbaru Nomor 829 Tahun 2022, status Siaga Bencana Darurat Hidrometeorologi ditetapkan dari tanggal 10 November 2022 sampai tanggal 31 Januari 2023," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Selasa (31/1/2023).

Disampaikannya, selama penetapan status itu ada beberapa bencana yang terjadi seperti banjir, longsor dan angin kencang yang mengakibatkan sejumlah pohon pelindung tumbang.

"Untuk banjir, itu terjadi dan merendam pemukiman warga seperti di wilayah Kecamatan Bukit Raya, Sail dan Tenayan Raya. Ada 341 warga yang terdampak karena memang tingginya intensitas hujan," ucapnya.

"Kemudian bencana longsor ada satu kejadian di Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya. Ada satu rumah warga yang terbawa arus longsor," ulas Zarman.

Dalam beberapa bencana yang terjadi, terang pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Camat Payung Sekaki ini, tidak ada korban jiwa.

"Alhamdulillah, untuk korban jiwa selama penetapan status Hidrometeorologi tidak ada. Warga yang terdampak hanya mengalami luka ringan dan juga sudah diberikan penanganan medis," ungkap Zarman.

Selanjutnya pasca pencabutan status Siaga Bencana Darurat Hidrometeorologi, BPDP Pekanbaru akan segera berkoordinasi dengan BPBD Riau dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Kami akan segera koordinasi dengan BPBD Riau dan BMKG dalam hal menyikapi situasi dan kondisi memasuki musim kemarau. Karena informasi BMKG, Februari nanti kita akan dihadapkan dengan musim kemarau," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+