Pemko Pekanbaru Sudah Salurkan Santunan Kematian Rp652 Juta

Selasa, 12 Desember 2023 - 13:33:05 WIB Cetak

Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, sepanjang 2023 ini telah menyalurkan santunan kematian sebesar Rp652 juta kepada 652 ahli waris keluarga kurang mampu.

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Idrus menyebutkan, secara keseluruhan sudah terdapat sekitar 700 permohonan santunan kematian yang diterima pihaknya.

Namun berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan di lapangan, hanya 652 di antaranya yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

"Karena ketika ada laporan yang meninggal, itu kita turunkan tim verifikasi untuk memastikan layak atau tidak layaknya dibantu sesuai kriteria yang ditetapkan. Jadi dari verifikasi, itu yang berhak menerima sebanyak 652 ahli waris keluarga kurang mampu," ungkapnya, Selasa (12/12/2023).

Saat ini, kata Idrus, anggaran santunan kematian yang masih tersisa ada sebanyak Rp48 juta.

"Untuk anggaran totalnya kan Rp1 miliar. Tahap awal, itu kita ajukan Rp500 juta ke BPKAD dan kemudian diajukan lagi Rp200 juta. Dari Rp700 juta yang sudah kita ajukan, sekarang masih tersisa Rp48 juta lagi," ucapnya.

Sementara itu untuk anggaran santunan kematian tahun 2024, disampaikan Idrus masih sama dengan tahun ini yakni sebesar Rp1 miliar.

"Jadi tahun depan anggarannya masih sama, tetap Rp1 miliar kita usulkan. Besaran santunan juga tidak ada kenaikan, karena berdasarkan perwako (peraturan walikota), itu kan hanya Rp1 juta," tutupnya.

Seperti diketahui, di 2023 ini Pemko Pekanbaru mengalokasikan anggaran untuk santunan kematian guna meringankan beban keluarga kurang mampu dalam penyelenggaraan jenazah.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+