Pemko Pekanbaru Alokasikan Rp 30 Miliar Untuk Tangani Banjir

Rabu, 13 Desember 2023 - 15:40:04 WIB Cetak

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah

Betuah Pekanbaru- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mengalokasikan anggaran sekitar Rp30 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 untuk menangani persoalan banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Edward Riansyah menyebutkan, anggaran penanganan banjir puluhan miliar itu akan digunakan untuk beberapa kegiatan di antaranya melalukan normalisasi atau restorasi sungai dengan anggaran sekitar Rp14 miliar.

Kemudian, lanjut Edu, sapaan akrabnya, untuk operasional dan pemeliharaan sungai dibutuhkan sekitar Rp5 miliar lebih, lalu belanja pengadaan sedot lumpur sekaligua dengan dump truck sekitar Rp5 sampai Rp6 miliar.

"Termasuk di tahun 2024 juga kita mengalokasikan Rp5 miliar dalam APBD 2024 ini untuk menyicil permasalahan banjir yang telah diidentifikasi dalam master plan penanganan banjir tahun 2020," ungkapnya, Rabu (23/12/2023).

"Jadi sebenarnya kita ada 280 titik dalam masterplan itu, namun ini kita cicil untuk itu. Yang untuk masterplan itu dianggarkan Rp5 miliar di tahun 2024. Jadi saya pikir hampir Rp30 miliar yang kita alokasikan untuk penanganan banjir tahun 2024," ulas Edu.

Disampaikannya, untuk penanganan banjir terpaksa dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan keuangan yang dimiliki Pemko Pekanbaru.

"Memang secara anggaran itu belum maksimal, karena kita juga punya keterbatasan keuangan di pemko sendiri. Makanya kita terbatas berkaitan dengan itu untuk pemeliharaan dan rencana penanganan banjir hampir Rp30 miliar lah untuk 2024 ini," terang Edu.

Sementara itu terkait adanya narasi yang mengatakan penanganan banjir di Pekanbaru hanya Rp5 miliar, itu bukan secara keseluruhan. Hanya baru sebagian saja.

"Saya pikir untuk nilai Rp30 miliar ini, bilang cukup ya tidak cukup, tapi kita berusaha untuk menambah fokus kita di 2024. Intinya kita Pemko Pekanbaru terus berupaya untuk melakukan penanganan banjir di Kota Pekanbaru," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+