Mahfud MD Dinilai Memuaskan Saat Debat Cawapres

Sabtu, 23 Desember 2023 - 18:48:01 WIB Cetak

Mahfud MD

Betuah Jakarta- Debat cawapres kali ini tidak hanya menjadi pertarungan gagasan, tetapi juga sebuah momentum penting untuk lebih memahami pilihan yang ada dalam menentukan arah masa depan negara.

Cawapres Mahfud MD menuai kepuasan yang menonton ikut bersorak di Posko Pemenangan Ganjar-Mahfud, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta, pada Jumat (22/12/2023).

GSI (Gabungan Seniman Indonesia) Senior Dwi Yan mengaku, Cawapres Mahfud MD menjawab tantangan-tantangan zaman yang tepat sasaran mengenai isu-isu vital nasional, mulai dari ekonomi hingga lingkungan.

"Saya lihat tiga cawapres ini cukup bagus bagus, walaupun saya Ganjar-Mahfud tapi kita harus fair. Tetapi antara tiga cawapres ini dapat kita akui Pak Mahfud lebih matang dari dua cawapres lain, mungkin yang dua orang ini harus belajar lagi," kata Dwi di lokasi.

Dwi Yan menegaskan Ganjar-Mahfud akan memenangkan Pilpres 2024. Sebab masyarakat bisa menilai saat debat mereka layak menjadi pemimpin.

"Ganjar-Mahfud itu harus kita sokong dong wajib menang," jelas Dwi melansir Republika Online, Sabtu.

Sementara itu, Steyer selaku GSI Milenial mengutarakan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD visi-misinya sangat jelas untuk kemajuan Indonesia. "Puas banget debat cawapres ini, menurut saya mereka berdua itu tidak omong kosong belakang doang, tapi emang itu projek-projek atau rencananya sudah siap di realisasikan," tutur Steyer.

Steyer juga mengajak anak muda untuk tidak golongan putih (golput), karena satu suara sangat berarti saat Pemilu.

"Buat milenial atau gen z jangan pernah apatis sama politik. Sebenarnya politik itu seru dan suara-suara kalian itu paling penting di pemilihan nanti," kata dia.

Pada akhir debat, suasana haru mewarnai panggung ketika setiap kandidat menyampaikan pesan-pesan penutup yang menggugah hati, menekankan pentingnya persatuan, keadilan, dan kemajuan bagi masa depan bangsa.

Adapun, setelah melakukan analisis debat kedua Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, Pakar Mikro Ekspresi Kirdi Putra mengatakan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mohammad Mahfud MD pandai dalam mengendalikan ekspresi emosi di antara cawapres lainnya.

“Menurut saya Pak Mahfud ini penguasaan ekspresi emosinya bagus, ini perlu pujian, bila saat debat capres sebelumnya saya pernah mengatakan bahwa yang paling bisa mengendalikan ekspresi emosi, bukan mengendalikan emosi, ya, itu adalah Pak Anies, tapi yang kedua yang paling bagus itu Pak Mahfud,” ujar Kirdi.***



Baca Juga Topik #nasional+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+