Pj Walikota Pekanbaru Pimpin HAB ke-78 Kementerian Agama

Senin, 08 Januari 2024 - 21:31:50 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, saat memimpin HAB ke-78 Kemenag, Senin (8/1/2024).

Betuah Pekanbaru - Upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama (Kemenag) yang digelar di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP), dipimpin Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, Senin (8/1/2024).

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan jika Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berkomitmen untuk mendukung seluruh kegiatan keagamaan di Kota Bertuah.

Sebagai bentuk dukungan, kata dia, di 2023 lalu banyak kegiatan keagamaan yang digelar salah satunya Pekan Maulid Festival dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Pemko di tahun ini juga mendukung hari besar keagamaan di antaranya Isra Miraj dan peringatan 1 Muharram sebagai syiar Islam," terangnya.

Di samping itu, sebut Muflihun, Pemko Pekanbaru juga memberikan insentif 
kepada para mubalig hingga penyuluh agama, serta juga memberi apresiasi kepada qari-qariah terbaik berupa hadiah umrah.

"Jadi kita memberi apresiasi dengan memberangkatkan umrah para pemenang MTQ, kader posyandu hingga petugas kebersihan," paparnya.

Tidak hanya itu, Pemko Pekanbaru juga berencana memberi apresiasi kepada para personel TNI dan Polri terbaik di Pekanbaru dengan diberangkatkan umrah. Para Babinsa dan babinkatibmas juga berkesempatan diberangkatkan untuk umroh.

"Kita ingin apresiasi ini menjadi motivasi ke depan agar lebih baik," ucapnya.

Kemudian, pemerintah kota eksis memberi bantuan ke masjid paripurna dan juga imam masjid paripurna. Apresiasi ini sebagai dukungan dalam menyampaikan program prioritas pemerintah kota agar bisa diketahui masyarakat.

Program prioritas pemerintah kota di antaranya doctor on call, berobat dengan KTP lewat UHC, bantuan subsidi bunga pinjaman bank bagi pelaku UMKM, beasiswa hingga santunan kematian. Semua itu untuk membantu masyarakat yang membutuhkan kehadiran pemerintah kota.

Selanjutnya, pemerintah kota terus bersinergi dengan Kantor Kementian Agama Pekanbaru. Mereka membantu operasional keberangkatan dan pemulangan jemaah haji asal Kota Pekanbaru dari Embarkasi Batam.

"Intinya pemerintah kota saling mendukung, kita berharap sinergitas ini terjalin dan berdampak positif untuk kota Pekanbaru," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+