Jelang Evaluasi Kinerja Kepala OPD, Sekdako Pekanbaru: Tak Usah Khawatir

Selasa, 23 Januari 2024 - 16:25:39 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution bersama Pj Walikota Muflihun.

Betuah Pekanbaru - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, mengingatkan ke kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar tak perlu khawatir menghadapi evaluasi kinerja.

Hal itu ia sampaikan menyikapi adanya informasi terkait kinerja kepala OPD yang mulai menurun jelang dilakukan evaluasi.

"Tidak perlu melemah lah terkait evaluasi, karena itu kan sesuai kebutuhan organisasi. Bisa jadi setelah evaluasi, kinerjanya di OPD A nilainya 80, dan dinilai lebih cocok di OPD B, sehingga kinerjanya bisa 90 atau 100. Itu kan untuk yang lebih baik," ujarnya, Selasa (23/1/2024).

"Kemudian ada juga (pejabat) yang senang di lapangan. ketika ditarok pekerjaan di belakang meja, dia tak cocok. Jadi kita dalam rangka menyesuaikan dengan potensi dan kompetensi dia aja. Jadi tak usah khawatir," pesan Indra menambahkan.

Untuk evaluasi kinerja kepala OPD tersebut, ia menerangkan hingga kini masih menunggu persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Laporannya, sekarang masih berproses," ungkapnya.

Disampaikan Indra, proses evaluasi kinerja kepala OPD membutuhkan waktu dan tahapan yang cukup panjang.

"Pertama kita butuh persetujuan KASN, Mendagri, setelah itu baru kita siapkan panselnya (panitia seleksi). Setelah pansel, kita bersurat lagi ke KASN, setelah itu ke Mendagri, jadi panjang prosesnya," papar dia.

Meski akan dilakukan evaluasi, namun Indra menyatakan jika kinerja para kepala OPD sudah cukup baik.

"Kalau dari pemantauan, karena tugas saya kan sebagai koordinator, memotivasi, memfasilitasi. Jadi secara umum kinerja kepala OPD bagus, tidak ada masalah," tutupnya.

Seperti diketahui, Pemko Pekanbaru telah mengajukan permohonan ke KASN untuk mengevaluasi kinerja belasan kepala OPD yang sudah menjabat di atas 1 tahun.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+