Tunggu DBH 70 Persen, Pemko Pekanbaru Berencana Benahi Seluruh Drainase

Rabu, 24 Januari 2024 - 20:33:23 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, di 2025 mendatang berencana untuk membenahi seluruh saluran pembuangan air atau drainase khususnya di titik-titik banjir.

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun menyebutkan, di 2024 ini upaya pembenahan drainase belum bisa dilakukan secara menyeluruh karena keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah kota.

Untuk itu, ia berharap di 2025 upaya pembenahan drainase sudah bisa dilakukan lebih maksimal jika Dana Bagi Hasil (DBH) untuk Kota Pekanbaru sebesar 70 persen terealisasi.

"2025, Insyaallah APBD kita akan semakin besar karena ada tambahan dari dana bagi hasil. Di 2025, 70 persen untuk kota, 30 provinsi. Insyallah kita bisa benahi parit-parit di titik-titik banjir," ucapnya, Rabu (24/1/2024).

Jelang dilakukan pembenahan menyeluruh, Muflihun meminta para lurah dan RT/RW supaya menggalakan gotong royong untuk membersihkan drainase guna meminimalisir banjir pasca hujan.

"Pak lurah, RT, RW, ajak warga goro minimal di lingkungan rumah masing-masing, membersihkan sampah di parit," pintanya.

Selain membersihkan drainase, warga juga dihimbau menjaga kebersihan rumah tempat tinggal sebagai antisipasi Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Kalau ada kaleng-kaleng bekas (yang bisa menampung air sehingga menjadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti), itu dibersihkan, karena kita khawatir di musim hujan bisa memicu demam berdarah," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Pekanbaru

BPKAD Pekanbaru Jual 16 Unit Sepeda Motor Dinas

Selasa, 10 Desember 2019
Pekanbaru

Biaya Uji KIR Kendaraan di Pekanbaru Digratiskan

Selasa, 13 Februari 2024