Mayoritas Pelajarnya Sudah Punya Tabungan Simpel

SMPN 6 Pekanbaru Berharap BRK Syariah Buka Layanan Bank Mini

Jumat, 26 Januari 2024 - 10:55:30 WIB Cetak

Kegiatan literasi keuangan pada sektor pendidikan yang ditaja oleh Tim 2 FO BRK Syariah Pekanbaru Sudirman di SMPN 6.

Betuah Pekanbaru- Semangat menabung pelajar SMP Negeri 6 Pekanbaru terlihat jelas pada kegiatan literasi keuangan pada sektor pendidikan yang ditaja oleh Tim 2 FO BRK Syariah Pekanbaru Sudirman. Bahkan pihak sekolah berharap BRK Syariah membuka layanan Bank Mini di sekolah agar peserta didiknya bisa langsung menyetorkan tabungan mereka secara langsung kepada pihak bank.

Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Pekanbaru Fitra Yulia Rozi dalam kegiatan tersebut menyampaikan antusias anak-anak dalam kegiatan menabung sangat tinggi. Mayoritas pelajar di SMP Negeri 6 Pekanbaru sudah memiliki Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) dari Bank Riau Kepri Syariah.

"Dengan materi yang disampaikan oleh pihak BRK Syariah tentang Tabungan Belia, anak-anak menjadi semangat lagi untuk menabung. Karena dengan membuka tabungan Sinar Belia mereka tidak hanya memiliki buku tabungan saja, tapi juga sudah memiliki ATM. Ini suatu kebanggaan juga bagi anak-anak di usia pelajar SMP sudah punya ATM atas nama rekening sendiri," kata Fitra di sela kegiatan tersebut, Kamis (25/1/2024) pagi di Jalan Paus, Rumbai.

Selain itu, kata Fitra, kehadiran Bank Mini BRK Syariah di sekolah itu sangat dibutuhkan. Kerjasama yang sudah terjalin selama ini dengan BRK Syariah mestinya dapat mewujudkan harapan tersebut.

"Minimal sekali seminggu ada pihak bank yang bertugas membuka layanan jasa perbankan di sekolah. Sehingga anak-anak dapat langsung menyetorkan tabungannya kepada pihak bank. Menabung itu lewat bank itu dapat mereka praktekkan langsung. Tidak perlu lagi menitipkan setoran tabungan kepada orang tua karena jam operasional Bank sama dengan kegiatan anak-anak sekolah," kata Fitra.

Menurut Kepala Sekolah, kegiatan BRK Syariah ke sekolah-sekolah ini sangat dibutuhkan peserta didik. Meskipun mereka sudah mendapatkan pengetahuan tentang perbankan dari pendidikan internal sekolah, namun penjelasan yang lebih detail dari pihak bank juga sangat berguna bagi mereka.

"Mungkin dengan adanya edukasi langsung dari orang perbankan, anak-anak semakin tertarik dan terus meningkatkan saldo tabungannya untuk tujuan yang mereka inginkan," ujar Fitra lagi dan berharap kerjasama ini akan terus berlanjut karena sangat mengedukasi peserta didiknya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Dana Tim 2 BRK Syariah, Vitri Indah Anggraeni mengatakan mengaku bangga dengan pelajar SMP Negeri 6 Pekanbaru yang sangat antusias mengikuti kegiatan literasi keuangan pada sektor pendidikan yang di isi oleh Tim 2 FO BRK Syariah Pekanbaru.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda mengenal transaksi keuangan melalui bank. Mungkin selama ini mereka hanya tahu dari pembelajaran di sekolah. Nah kini kita dari Bank langsung turun ke sekolah mengedukasi peserta didik ini," kata Vitri.

Kegiatan tersebut dibuat semenarik mungkin agar peserta didik tetap fokus dan semangat mengikuti acara hingga selesai.

"Selain menjelaskan tentang apa itu bank, apa itu BRK Syariah dan produk tabungan simpel serta tabungan Sinar Belia, kita juga membuat games untuk peserta didik dengan memberikan hadiah menarik," sebut Vitri.

Dari kegiatan itu, Vitri berharap dapat menumbuhkan kecintaan peserta didik untuk menabung dan memperluas akses keuangan, sekaligus mengajarkan dan membiasakan mereka mengelola uang sejak dini.

"Karena produk simpel dan tabungan belia ini dapat digunakan mulai dari siswa PAUD hingga berumur 28 tahun," tutupnya.*



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+