Peduli Pendidikan, Al Huda Terapkan Program Dengan Sampah Bisa Sekolah

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:16:33 WIB Cetak

Program bisa sekolah dengan sampah yang diterapkan di Al Huda

Betuah Pekanbaru- Sekolah Al Huda Pekanbaru memiliki berbagai keistimewaan. Selain beasiswa melalui jalur prestasi dan olahraga, ada progam dengan sampah bisa sekolah.

Menurut dr, Hudiya Fachri, Koordinator Sekolah Al Huda yang terdiri dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan MTs, program dengan sampah bisa sekolah menerapkan bank sampah khusus plastik.

"Hasil dari bank sampah itu nantinya kita jual dan hasilnya untuk membayar uang sekolah siswa," ujar dr. Hudiya, Kamis (22/2/2024).

Ide itu, kata dr. Hudiya, berangkat dari rasa peduli terhadap pendidikan generasi muda.

"Mereka tidak boleh berhenti sekolah. Oleh sebab itu Al Huda hadir sebagai bentuk tanggup jawab terhadap dunia pendidikan," tutur dr. Hudiya.

Al Huda, ujarnya, menerapkan program sampah bisa sekolah karena ada peluang untuk mengumpulkan sampah plastik yang kemudian hasilnya bisa dipergunakan untuk biaya sekolah siswa.

Sementara pada jalur beasiswa untuk siswa berprestasi, kata dr. Hudiya, adalah dengan Hafiz Qur'an dan olahraga.

Selain itu, katanya, Al Huda juga menampung khusus anak-anak dari suku pedalaman yang ada di Riau dan itu sudah berlangsung sejak yayasan pendidikan ini berdiri pada tahun 90-an.

"Agama, pendidikan dan hal-hal lain adalah tanggungjawab sekolah. Saat ini, yang ada di Al Huda lebih kurang 50-an anak dari suku pedalaman. Semua biaya kita gratiskan," kata dr. Hudiya.(cei)***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+