Aktivasi IKD Gratis, Disdukcapil Pekanbaru Imbau Warga Segera Registrasi

Rabu, 28 Februari 2024 - 20:35:37 WIB Cetak

Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita

Betuah Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, mengimbau warga yang sudah memiliki KTP elektronik agar segera melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Untuk mempermudah aktivasi IKD, saat ini Disdukcapil membuka pelayanan khusus bagi warga yang menyaksikan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di komplek Mal Pelayanan Publik (MPP).

"Jadi bagi warga yang menyaksikan pelaksanaan MTQ, melihat stand pameran, nanti bisa mampir ke kantor Disdukcapil untuk registrasi IKD," kata Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita, Rabu (28/2/2024).

Ia menyampaikan, pelayanan khusus aktiviasi IKD bagi warga yang menyaksikan pelaksanaan MTQ telah mulai dibuka pihaknya sejak Sabtu (24/2/2024) sore.

"Pelayanan kita buka sampai malam. Jadi kepada warga, silahkan mampir ke kantor Disukcapil untuk registrasi IKD," himbaunya.

Dalam pengurusan aktivasi IKD sendiri, Irma menyatakan tidak ada dipungut biaya atau gratis.

"Ini tidak ada dipungut biaya, semua administrasi kependudukan gratis, tidak ada bayar. Jadi jangan berurusan melalui calo," tegasnya.

Lebih jauh disebutkan Irma, aktivasi IKD perlu dilakukan mengingat secara bertahap pemerintah akan mengurangi penggunaan e-KTP atau KTP fisik. Nantinya, warga cukup menggunakan IKD untuk berurusan.

"Seperti saat Pemilu kemarin, itu sudah bisa menggunakan IKD bagi warga yang tidak membawa KTP fisik ke TPS (tempat pemungutan suara). Untuk itu harapan kami, warga segera meregistrasi IKD," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+