Pimpinan DPRD Pekanbaru Berharap Walikota Selanjutnya Mampu Melanjutkan RPJPD

Ahad, 14 Januari 2024 - 16:41:01 WIB Cetak

Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi, saat menghadiri Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045.

Betuah Pekanbaru - Pimpinan DPRD Kota Pekanbaru, berharap walikota selanjutnya mampu melanjutkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Pekanbaru Muhammad Sabarudi, usai menghadiri Forum Konsultasi Publik terkait rancangan awal RPJPD, bertempat di ballroom Hotel Premier, Jumat (12/1/2024).

"Karena RPJPD bersama rancangan teknokratik RPJMD akan menjadi pedoman untuk formulasi visi, misi, dan program prioritas bagi calon kepala daerah pada pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2024," ucapnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama. Ia mengatakan, pemimpin Kota Pekanbaru yang terpilih nantinya mesti dapat mencapai dan menuntaskan program tersebut secara bertahap.

Berbagai persoalan yang menjadi sorotan seperti persoalan infrastruktur, terutama kondisi rusaknya sejumlah ruas jalan kota, sebagai fokus utama yang perlu diatasi untuk meningkatkan kualitas Pekanbaru. 

"Kemidian sektor jasa di Kota Pekanbaru juga memerlukan inovasi untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan," ujarnya.

Sementara itu, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan jika RPJPD akan menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

Forum konsultasi publik RPJPD ini mendiskusikan permasalahan dan isu strategis daerah jangka panjang, serta kebijakan pokok pembangunan yang akan diimplementasikan dalam periode lima tahunan.

RPJPD Kota Pekanbaru 2025-2045 dijadikan sebagai tolak ukur untuk penyusunan rancangan teknokratik RPJMD 2025-2029. 

Selain dihadiri Muhammad Sabarudi dan Ginda Burnama, kegiatan tersebut juga diikuti sejumlah Anggota DPRD Pekanbaru di antaranya Dapot Sinaga dan Aidil Amri. (Galeri Pimpinan)



Tulis Komentar +
Berita Terkait+