Petang Megang Sambut Ramadhan di Pekanbaru Digelar 11 Maret

Jumat, 08 Maret 2024 - 20:10:12 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, memandikan anak yatim pada Petang Megang sambut Ramadhan 1444 H/2023 lalu.

Betuah Pekanbaru - Petang Megang atau Mandi Balimau menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H di Kota Pekanbaru, Riau, sesuai jadwal akan digelar pada 11 Maret 2024.

Seperti biasa, pelaksanaan Petang Megang dipusatkan di Pinggiran Sungai Siak tepatnya di kawasan Rumah Singgah Tuan Kadi di Kecamatan Senapelan.

"Petang Megang ini kan sudah menjadi tradisi di Kota Pekanbaru yang digelar sehari sebelum puasa. Kalau awal puasa tanggal 12 Maret, berarti Petang Megang nya tanggal 11. Kalau ada perubahan, kita menyesuaikan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru Masriyah, Jumat (8/3/2024).

Ia menyampaikan, kegiatan Petang Megang nanti akan diawali dengan ziarah ke makam pendiri Pekanbaru Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Marhum Pekan di kawasas Masjid Raya Senapelan.

"Kemudian dilanjutkan dengan shalat ashar berjamaah di Masjid Raya Senapelan," ungkap Masriyah.

Setelah shalat ashar berjamaah, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersama Forkopimda, tokoh agama dan masyarakat serta pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengikuti pawai menuju lokasi Petang Megang.

"Di kegiatan Petang Megang akan ada sambutan dari walikota, kemudian dilanjutkan dengan memandikan sejumlah anak yatim dengan air limau tanda dimulainya Petang Megang," papar Masriyah.

Untuk menyemarakan kegiatan, Pemko Pekanbaru akan mengelar sejumlah permainan rakyat.

"Kalau untuk kegiatan yang turun ke sungai, itu tidak ada lagi karena banyak bahayanya. Jadi semua (acara) di atas, di halaman Rumah Tuan Kadi," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+