Pj Walikota Pekanbaru Ingin Tradisi Balimau Kasai Sambut Ramadhan Dipertahankan

Ahad, 10 Maret 2024 - 22:38:27 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, mengusapkan air limau ke kepala Datuk Lima Suku, tanda dimulainya Event Budaya Sialang Munggu - Tobek Godang Balimau Kasai tahun 2024 M/1445 H.

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, menginginkan tradisi Balimau Kasai menyambut Bulan Suci Ramadhan bisa terus dipertahankan.

Hal itu ia sampaikan usai menghadiri Event Budaya Sialang Munggu - Tobek Godang Balimau Kasai tahun 2024 M/1445 H, bertempat di Lapangan Bola Alpha Jalan Cipta Karya, Minggu (10/3/2024) sore.

Kegiatan Balimau Kasai tersebut ditandai dengan mengusapkan air limau kepada datuk lima suku oleh Pj walikota, kemudian dilanjutkan dengan anak kemenakan dari datuk lima suku oleh masing-masing datuk.

Selanjutnya anak-anak yang hadir dalam acara itu dimandikan secara beramai-ramai menggunakan mobil pemadam kebakaran (Damkar).

Dikatakan Pj walikota, Balimau Kasai menyambut Bulan Ramadhan memang sudah menjadi tradisi di Kota Bertuah sehingga perlu untuk dipertahankan dan terus dijadikan sebagai agenda rutin.

"Iven Balimau Kasai ini semacam pembuang dosa kita selama ini. Tentunya ini adalah tradisi yang turun temurun dalam menyambut bulan puasa Ramadhan," ucapnya.

Untuk itu, Pj walikota meminta agar Event Budaya Sialang Munggu-Tobek Godang Balimau Kasai bisa dimasukan dalam kalender wisata Kota Pekanbaru.

"Sehingga iven seperti ini dapat terus dilestarikan," tutupnya.

Turut hadir di kesempatan itu, Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Raja Rilla Mustafa, Kepala Disbudpar Masriyah, Camat Tuah Madani Nurhasminsyah, perwakilan Polsek Tampan, Danramil, serta Ketua panitia Agus, Datuk Lima Suku Kecamatan Binawidya dan Tuah Madani.

Kemudian hadir juga Forum RT/RW, Bundo Kanduang, Lemtari, serta ratusan warga Sialang Munggu dan Tobek Godang.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+