Polres Meranti Amankan 32 Unit Knalpot Brong Dalam Ops Keselamatan Lancang Kuning

Senin, 11 Maret 2024 - 19:13:56 WIB Cetak

Polres Kepulauan Meranti menggelar oprasi keselamatan Lancang Kuning 2024 dan penertiban kendaraan roda dua

Betuah Meranti- Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1445 H/2024, Polres Kepulauan Meranti menggelar oprasi keselamatan Lancang Kuning 2024 dan penertiban kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot tidak sesuai peruntukanya alias knalpot brong, di Jalan Pramuka Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (11/3/2024).

Turut hadir Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti Kompol Yudi Setiawan, SH., MH,
Kabag Ren Polres Kepulauan Meranti Kompol Novia Indra, SH, Kasat Lantas AKP Basuki Yuniarto, Kasi Propam AKP JA Lubis, SH/. MH.

Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti KompolL Yudi Setiawan, SH., MH, mengungkapkan, bahwa penertiban ini bermula dari aduan masyarakat yang merasa resah dengan penggunaan knalpot brong dan aksi balap liar yang mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat khususnya dalam melaksanakan ibadah di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi.

Jenis pelanggaran lalu lintas, tidak menggunakan helm SNI 137, melawan arus, menggunakan HP saat berkendara, berkendara di bawah pengaruh alkohol, melebihi batas lecepatan, berkendara di bawah Umur, berboncengan lebih dari 1, kendaraan yang menggunakan knalpot yang tidak sesuai spektek, kendaraan yang mengunakan lampu isyarat dan isyarat bunyi.

Dan kemudian Ranmor yang terlibat pelanggaran, sepeda Motor 368, mobil penumpang 4, Bus, Mobil Barang, Ransus jumlah 372, profesi pelaku pelanggaran, PNS 50, karyawan swasta 135, pelajar/mahasiswa 45, pengemudi (supir), TNI , POLRI ,lLain - lain 14. Jumlah 372.

Selanjutnya ranmor R4 melawan arus, menggunakan HP saat berkendara, berkendara dibawah pengaruh alkohol, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah Umur, tidak menggunakan safety belt 4, melebihi muatan, ran yang menggunakan lampu isyarat (STROBO) dan isyarat bunyi, over Dimension Over Loading (Odol), menggunakan Nopol/ Nopil Palsu, Lainnya, Jumlah 4.

“Selain fokus pada penertiban dan pencegahan aksi balap liar dan penggunaan knalpot brong, kami juga melakukan pemeriksaan terhadap orang dan barang atau kendaraan bermotor. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mengantisipasi tindakan keselamatan kendaraan bermotor,selama melaksanakan kegiatan ini yang di amankan Rata - rata pengguna Roda dua atau Sepeda Motor, Total dari hari pertama sampai hari ke 8 total kenalpot brong 34 Unit,dan juga menghindari kecelakaan di bulan suci Ramadhan," katanya.

Dari hasil pelaksanaan kegiatan tersebut, telah diamankan puluhan kendaraan yang menggunakan knalpot brong dan diduga akan digunakan untuk aksi balap liar serta sejumlah kendaraan lainnya yang tidak menggunakan kelengkapan sebagaimana mestinya.

Selajutnya Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti KOMPOL Yudi Setiawan SH MH, kegiatan tersebut telah dilakukan secara rutin khususnya pada sabtu malam hingga minggu dini hari oleh Polres Kepulauan Meranti dan Polsek Jajaran Polres Kepulauan Meranti , usai menerima laporan dari masyarakat yang mengaku resah terhadap penggunaan knalpot brong dan aksi ugal-ugalan anak remaja di jalan raya Kecamatan Tebing Tinggi Serta dalam rangka cipta kondisi jelang Operasi Keselamatan Tebing Tinggi 2024 dan bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.

“Menanggapi laporan masyarakat tersebut, sebanyak 32 personil Polres dan personel Satlantas Polres Kepulauan Meranti yang terlibat dibagi menjadi 3 regu dan melaksanakan patroli blue light disejumlah ruas jalan yang diduga kerap dijadikan sebagai lokasi berkumpul anak muda dan lokasi balap liar,” jelasnya.

Seluruh kendaraan telah dibawa ke polres Kepulauan Meranti untuk dilakukan penilangan dan disidangkan di Pengadilan, tetapi sebelum pengambilan kendaraan Kasat Lantas Polres Kepulauan Meranti mengaku mewajibkan para pemiliknya untuk mengembalikan bentuk dan kelengkapan kendaraan menjadi standar.

“Dan sebelum mereka kembali, para pengendara yang didominasi oleh anak remaja atau masih duduk dibangku sekolah ini, mereka diwajibkan untuk menghubungi orang tuanya, agar para orang tua dapat mengingatkan dan mengawasi anak-anaknya, sebab kami selalu menyampaikan baik kepada pihak sekolah, orang tua hingga masyarakat sekitar untuk bersama-sama mengawasi anak-anak kita. Apabila hingga pukul 22.00 WIB anak belum berada dirumah tolong untuk dihubungi,” sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti KOMPOL Yudi Setiawan pihaknya akan terus mengintensifkan kegiatan Lajang Kuning khususnya pada malam akhir pekan, untuk menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Kepulauan Meranti, memberikan rasa aman kepada para pengendara dan pengguna jalan serta mencegah terjadinya aksi balap liar yang dapat membahayakan pengguna jalan lainnya

Terkahir Memasuki Bulan Suci Ramadhan bulan yang penuh ampunan masyarakat diajak untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman, damai dan menyejukan dan selalu menjag terus keamanan di bulan puasa ini.(Bom)***



Baca Juga Topik #Meranti+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+