Tingkatkan Pelayanan dan Keamanan, Dishub Pekanbaru Pasang CCTV di Titik Parkir

Selasa, 13 Februari 2024 - 14:00:03 WIB Cetak

Kepala UPT Perparkiran Dishub Pekanbaru Radinal Munandar saat memantau aktivitas di lokasi parkir melalui ruang kerjanya.

Betuah Pekanbaru - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru bekerjasama dengan rekanan PT Yabisa Sukses Mandiri (YSM), telah melakukan pemasangan CCTV di puluhan titik parkir tepi jalan umum.

Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso melalui Kepala UPT Perparkiran Radinal Munandar menyebutkan, pemasangan kamera pengintai itu merupakan salah satu upaya pihaknya dalam meningkatkan pelayanan dan keamanan.

Ia menyampaikan, puluhan CCTV sudah aktif untuk memantau aktivitas parkir sejak akhir Desember 2023 lalu. Petugas dari UPT Perparkiran dapat melalukan pemantauan secara langsung di kantor.

"Sejak CCTV ini diaktifkan, kami dari kantor juga bisa memantau aktivitas juru parkir," ungkap Radinal Munandar, Selasa (13/2/2024).

Dikatakannya, pemasangan CCTV tersebut tentu sangat membantu petugas dalam melakukan pengawasan di titik parkir. Namun ia tetap memastikan ada tim yang rutin melakukan pengawasan secara langsung di lapangan.

Radinal menjelaskan bahwa CCTV juga bisa memantau tindak kejahatan seperti jambret, copet dan lainnya. Pihaknya juga terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat atas ketidaknyamanan dalam pelayanan parkir.

"Di saat kendaraan hilang, helm hilang, dengan CCTV kita bisa memantau langsung. Jika ditemukan memang jukir tidak menggunakan atribut dan lain-lain, pasti langsung kami berikan peringatan," tegasnya.

Radinal mengatakan bahwa untuk tahap awal ada 20 titik prioritas CCTV tersebut di titik parkir yang ramai kendaraan. Ada rencana secara bertahap bisa bertambah hingga 400 titik.

CCTV nantinya bergerak dengan kontrol yang ada. Kamera bisa digerakkan ke atas, kiri, kanan dan bawah. Adanya CCTV ini juga membantu merekam situasi di lokasi parkir.

Radinal menilai upaya meningkatkan pengawasan ini seusai rekomendasi dari Ombudsman Riau. Pihaknya juga sudah memberikan buku saku kepada para juru parkir.

"Penekanan dari Ombudsman, pelayanan juga harus ditingkatkan dengan menambah pengawasan lewat CCTV di titik keramaian yang padat," imbuhnya.

Adapun beberapa titik parkir yang telah dipasang CCTV yakni di ruas Jalan Jenderal Sudirman, Arifin Ahmad, Jalan Tuaku Tambusai dan Jalan Soekarno Hatta. Selain juga ada di Jalan Harapan Raya dan Jalan Hangtuah. (Advertorial)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+