Mendag Rekomendasikan Pembangunan Lanjutan Cik Puan ke Kementerian PUPR

Selasa, 25 Juni 2024 - 14:32:48 WIB Cetak

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Betuah Pekanbaru - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, merekomendasikan pembangunan lanjutan Pasar Cik Puan Pekanbaru ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Pak menteri (Mendag) sudah rekomendasikan pembangunan Pasar Cik Puan. Seperti yang beliau sampaikan (saat peresmian Pasar Palapa), yang membangun adalah Kementerian PUPR," ungkap Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Selasa (25/6/2024).

Rekomendasi dari Mendag, kata Ami, sapaan akrabnya, lantaran biaya pembangunan pasar di atas Rp6 miliar berada di bawah kewenangan Kementerian PUPR.

"Karena anggarannya besar, maka harus rekomendasi dari Kemendag. Kalau tidak ada rekomendasi, Kementerian PUPR tidak bersedia membangun," ujarnya.

Dengan sudah adanya rekomendasi dari Mendag, lanjut Ami, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berharap pembangunan lanjutan Pasar Cik Puan dapat segera dilakukan.

"Alhamdulillah sudah ada rekomendasi, harapan kita tentu tahun depan bisa dimulai pembangunannya," tutup Ami.

Seperti diketahui, pembangunan Pasar Cik Puan di Jalan Tuanku Tambusai telah mangkrak sejak 2012 lalu. Hal itu diawali oleh dualisme kepemilikan lahan antara Pemko Pekanbaru dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Pemko Pekanbaru sendiri sudah menghabiskan anggaran sekitar Rp20 miliar untuk membangun Pasar Cik Puan tersebut. Namun hingga kini, bangunan pasar tak kunjung rampung.

Untuk kelanjutan pembangunan, Pemko Pekanbaru membutuhkan anggaran sekitar Rp80 miliar. Kebutuhan anggaran itu telah diajukan pada 2023 lalu dalam bentuk proposal ke Kemendag.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+