Warga Pekanbaru Sudah Bisa Akses Kembali Layanan UHC

Selasa, 09 Juli 2024 - 15:47:58 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Warga di Kota Pekanbaru, Riau, kini sudah bisa mengakses kembali layanan kesehatan gratis melalui Universal Health Coverage (UHC).

Sebelumnya, layanan UHC dalam program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB) sempat down terdampak hacker pusat data nasional.

Akibatnya, warga yang terdaftar di UHC tak bisa mengakses pelayanan gratis hanya dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) lantara datanya tak terkoneksi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Jadi kemarin masyarakat kita yang mau berobat, yang tidak mampu, ketika masuk di rumah sakit, gak bisa dikonfirmasi langsung ke BPJS, karena sistemnya down. Tapi sekarang sudah berjalan lagi," kata Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (9/7/2024).

Selain UHC, kata dia, layanan pengurusan paspor di kantor Imigrasi Pekanbaru juga sudah kembali normal.

"Waktu kami tinjau kemarin sudah mulai normal. Sekarang Kemenkumham melalui Ditjen Imigrasi sudah mulai cetak (paspor). Pada prisipnya, sekarang sudah mulai normal," tutupnya.

Seperti diketahui sejumlah data milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ikut terdampak oleh aksi hacker yang meretas Pusat Data Nasional sementara.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+