Berobat Gratis dengan KTP di Pekanbaru Masih Dilanjutkan Tahun Depan

Jumat, 18 Oktober 2024 - 23:15:36 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa didampingi Sekdako Indra Pomi dan Plt Kepala Diskes Ingot Ahmad Hutasuhut, menyapa warga saat meninjau pelayanan di RSD Madani.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, di 2025 mendatang masih melanjutkan program Universal Health Coverage (UHC) atau berobat secara gratis ke fasilitas kesehatan hanya dengan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"UHC masih lanjut," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Jumat (18/10/2024).

Ia menyampikan, untuk pelaksanaan program UHC itu, Pemko Pekanbaru telah mengalokasikan anggaran di APBD murni 2025.

"Anggaran sudah kita siapkan. Kita juga ada budget sharing dengan pemerintah provinsi untuk UHC ini," ujarnya.

Untuk pelaksanaan UHC di 2025, terang Ingot, Pemko Pekanbaru juga telah melakukan rekonsiliasi dengan pihak BPJS Kesehatan. Ada beberapa regulasi baru terkait cakupan layanan BPJS yang bakal digunakan dalam program UHC tahun 2025.

"Ada paket baru terkait cakupan layanan yang bisa dicover BPJS dalam program UHC ini," ungkapnya.

Seperti diketahui, Pemko Pekanbaru sejak Juli 2023 lalu sudah mulai menjalankan program UHC. Dalam program ini, warga bisa mendapatkan pelayanan secara gratis dengan hanya menunjukan KTP saat berobat ke fasilitas kesehatan dan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Terdapat sebanyak 144 jenis penyakit atau layanan kesehatan yang dilayani mulai dari demam hingga HIV/AIDS yang biaya pengobatannya ditanggung melalui UHC.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+